Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture Terhadap Kreativitas Siswa
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini ialah masih kurangnya kreativitas siswa dalam membuat karya dalam proses pembelajaran terutama pada mata pelajaran SBDP, penggunaan model pembelajaran dalam proses pembelajaran belum memberikan ruang untuk mengasah kreativitas siswa, serta siswa kurang berminat dalam pembelajaran SBDP. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) gambaran pelaksanaan model pembelajaran kooperatif picture and picture pada mata pelajaran SBdP di kelas V (2) gambaran kreativitas siswa pada mata pelajaran SBdP di kelas V (3) pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture terhadap kreativitas siswa pada mata pelajaran SBdP di kelas V. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif bentuk quasi experimental design. Desain yang digunakan dalam penelitian ialah The Nonequivalent Posttest Only Control Group Design. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2021/2022 di UPT SPF SDI Malengkeri Bertingkat 1 Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Penelitian ini terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Jumlah keseluruhan siswa kelas V adalah 48 siswa, masing-masing terdiri dari 24 siswa baik kelas eksperimen (VA) dan kelas kontrol (VB). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi keterlaksanaan proses pembelajaran, penilaian unjuk kerja siswa dalam menilai produk, dan dokumentasi yang kemudian dianalisis secara statistik deskriptif dan analisis uji hipotesis menggunakan uji mann whitney u untuk melihat nilai besar pengaruh nilai r pada pemberian treatment di kelas eksperimen. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan Proses Pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture berjalan sangat efektif, (2) Terdapat pengaruh terhadap kreativitas siswa pada mata pelajaran SBDP setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture.
Downloads
References
Angreani, Dara. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Picture And Picture Dan Kreativitas Terhadap Hasil Belajar Siswa. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.
Kamarudin, K., & Yana, Y. (2021). Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Melalui Metode Pembelajaran Learning Start A Question di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 213–219. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.284
Kau, M. A. (2017). Peran Guru Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Sekolah Dasar. Proceeding Seminar Dan Lokakarya Nasional Bimbingan Dan Konseling 2017, 157–166. http://journal2.um.ac.id/index.php/sembk/article/view/1281
Krismasari Dewi, N. N., Kristiantari, M. . R., & Ganing, N. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Berbantuan Media Visual Terhadap Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia. Journal of Education Technology, 3(4), 278. https://doi.org/10.23887/jet.v3i4.22364.
Malik, M. S. (2020). Analisis Hots, 4c, Literasi, Dan Pendidikan Karakter Dalam Seni Budaya Dan Prakarya Mi/Sd Kurikulum 2013. Elementary Islamic Teacher Journal, 8(1), 59–82.
Ratih, K. (2013). Peningkatan kreativitas melalui pendekatan. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(1), 143–162.
Ridhawati, Irda. (2021). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ips Siswa Kelas Iv Sd Inpres Pallangga Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa. Makassar: Universitas Negeri Makassar.
Shoimin, A. (2017). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2017. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sugiyono (2021). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif & RnD. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi, A. (2017). Membedah Anatomi Kurikulum 2013 (p. 482).