Penerapan Metode Jarimatika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV Sekolah Dasar
Abstract
Permasalahan pada penelitian ini ialah rendahnya hasil belajar Matematika siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan metode Jarimatika dalam meningkatkan hasil belajar Matematika pada siswa kelas IV B SD Inpres Pajjaiang. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif deskriptif, serta jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kualitatif dan kuantitatif deskriptif. Adapun sampel dalam penelitian ini yaitu 1 orang guru serta 30 orang siswa, yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Pada penelitian ini, peneliti bertindak sebagai observer dan guru kelas IV bertindak sebagai guru. Berdasarkan data yang didapatkan selama pelaksanaan siklus I dan siklus II di kelas IV B SD Inpres Pajjaiang diperoleh hasil belajar siswa pada siklus I berada pada kategori kurang (K), sedangkan pada siklus II berada pada kategori baik (B) serta mencapai indikator yang telah ditetapkan. Kesimpulan pada penelitian ini adalah dengan menerapkan metode jarimatika pada siswa kelas IV dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa.
Downloads
References
Arikunto, S. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Depdikbud. 2016. Permendikbud RI No. 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar Menengah. Jakarta: Puskur Balitbang Kemendikbud.
Saidah, C. 2016. “Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Melalui Metode Commonalities (Kesamaan-Kesamaan) Di Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ummah Sidayu Gresik.” UIN Sunan Ampel Surabaya. http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/7277.
Sujarwo. 2020. “Upaya Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Mengalikan Dan Berbagai Bentuk Pecahan Melalui Penerapan Teknik Jarimatika Pada Siswa Kelas V SD N 2 Giritirto Semester 2 Tahun Pelajaran 2018/2019.” Jurnal Pendididikan Empirisme 7(32): 99–110.
Sulianto, J. 2014. “Teori Belajar Kognitif David Ausubel ‘Belajar Bermakna’, Zoltan P Dienes ‘ Belajar Permainan’, Van Heille ‘Pengajaran Geometri.’” In , 15.
Susanto, A. 2015. Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.