Penerapan Model Pembelajaran Take and Give Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kota Parepare

  • Muslimin Muslimin Universitas Negeri Makassar
  • Siti Maryam Universitas Negeri Makassar
  • Andi Hikma Wulandari Universitas Negeri Makassar
Keywords: model pembelajaran kooperatif, take and give, proses belajar dan hasil belajar

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu hasil belajar siswa yang belum mencapai SKBM di kelas IV UPTD SD Negeri 14 Parepare. Masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe take and give dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa tentang sumber energi di kelas IV UPTD SD Negeri 14 Parepare. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Penelitian ini berfokus pada proses dan hasil belajar siswa tentang sumber energi dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe take and give. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Subjek penelitian yaitu guru dan siswa kelas IV UPTD SD Negeri 14 Parepare yang berjumlah 17 orang siswa terdiri dari 6 orang laki-laki dan 11 orang perempuan. Teknik analisis data yaitu kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pelaksanaan tindakan penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus diawali dengan kegiatan pra tindakan kemudian pada setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pada siklus I menunjukkan proses pembelajaran aktivitas guru berada pada kualifikasi cukup (C) sedangkan observasi aktivitas siswa berada pada kualifikasi cukup (C) dan hasil tes belajar berada pada kualifikasi cukup (C). Sedangkan pada siklus II hasil penelitian pada proses pembelajaran observasi aktivitas guru meningkat menjadi kualifikasi baik (B) sedangkan observasi aktivitas siswa berada pada kualifikasi baik (B) dan hasil tes belajar juga meningkat menjadi kualifikasi baik (B). Kesimpulan pada penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe take and give dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa tentang sumber energi di kelas IV UPTD SD Negeri 14 Parepare.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2014). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Jannah., F. 2013. Pendidikan Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional. Jurnal Dinamika Ilmu. Vol.13(2).

Muslimin, M., & Amran, M. (2020). Penerapan Pembelajaran Keterampilan Proses Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa SD Kelas IV Pada Materi Konsep Energi Bunyi. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 4(2), 130.

Riani, N., Supraptono, E., & Mulyadi. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Take And Give Dalam Materi Ajar Media Komunikasi Data Jaringan. 6(1), 8.

Rukajat, Ajat. (2018). Pendekatan Penelitian Kualitatif (Qualitative Research Approach). Yogyakarta: CV Budi Utama.

Saputra, Nanda, dkk. (2021). Penelitian Tindakan Kelas. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Udayanti, S.I. A. G., & Nanci Riastini, P. (2017). Penerapan Metode Take And Give Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IVA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(1), 51.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Sistem Pendidikan Nasional, 2 (2012).

Published
2022-08-31
How to Cite
Muslimin, M., Maryam, S., & Wulandari, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Take and Give Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kota Parepare. Nubin Smart Journal, 2(3), 249-256. Retrieved from https://ojs.nubinsmart.id/index.php/nsj/article/view/93
Section
Articles