Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
Abstract
Masalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 103 Pinrang. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe scramble pada materi sumber daya alam dapat meningkatkan proses belajar siswa kelas IV SD Negeri 103 Pinrang dan apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe scramble dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materisumber daya alam kelas IV SD Negeri 103 Pinrang?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe scramble dapat meningkatkan proses belajar siswa pada materi sumber daya alam kelas IV SD Negeri 103 Pinrang dan mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe scrambledapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sumber daya alam kelas IV SD Negeri 103 Pinrang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Subjek penelitian yaitu guru dan siswa yang membuka 21 siswa. Penelitian pelaksanaan dua siklus. Hasil penelitian siklus I pada proses pembelajaran dari aspek guru yaitu 70,83% berada pada kualifikasi cukup (C), dari aspek siswa yaitu 72,42% berada pada kualifikasi (C) dan hasil tes belajar yaitu 57,14% berada pada kualifikasi cukup (C). Sedangkan hasil penelitian siklus II pada proses pembelajaran dari aspek guru yaitu 87,5% berada pada kualifikasi baik (B), dari aspek siswa yaitu 81, 75% berada pada kualifikasi baik (B) dan hasil tes belajar yaitu 80,95% berada pada kualifikasi baik (B). Kesimpulan pada penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipescramble dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa pada materi sumber daya alam kelas IV SD Negeri 103 Pinrang.
Downloads
References
Ariyanto, M. (2016). Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Kenampakan Rupa Bumi Menggunakan Model Scramble. Jurnal Profesi Pendidikan Dasar, III, 134-140.
Bailang, I., Emor, J., & Wenas, J. R. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif TIpe Scramble Terhadap Hasil belajar Matematika Pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel. Jurnal Sains, Matematika, & Edukasi, V, 132-137.
Fadilawati, N, O., & Trisnawati, N. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Saran dan Prasarana Kelas XI OTKP di SMK Negeri 2 Tuban. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 8(2), 252-260.
Huda, M. (2017). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Maemunah, S. S., Sumayana, Y., & Royani, N. (2019). Penerapan Model Kooperatif Tipe Scramble Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Primaria Educationem Journal, II, 78-90.
Mu'alimin, & Cahyadi. (2014). Penelitian Tindakan Kelas Teori dan Praktik. Gading Pustaka.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. 03, 171-187.
Novita, Lina & Novianty, A. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Animasi Terhadap Hasil Belajar Subtema Benda Tunggal Dan Campuran. JTIEE, 3(1), 46–53.
Pasani, C. F., Kusumawati, E., & Imanisa, D. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble dalam Pebelajaran Matematika untuk Membina Karakter Tanggung Jawab dan Disiplin Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, VI, 178-188.
Rahmayanti, H., Hakim, A., & Fajar. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Kelas Empat di Kabupaten Sidrap. Journal Of Education, I, 264-276.
Said, M. A., Arsyad, M., & Nurlina, N. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 14 Makassar. Jurnal Pendidikan Fisika, 3, 83-90.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung, Alfabeta.
Sutrisno, B., Rokhmah, D., Sukadi, Lestari, S., & Arifin, B. (2009). Ilmu Pengetahuan Sosial untuk SD/MI Kelas IV. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
Wanto, Haris, A. (2017). Strategi Pemerintah Kota Malang dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Berbasis Konsep Smart City. Journal of Public Sector Innovations, 2(1), 39–43.