Pengaruh Model Pembelajaran Predict, Observer, Explain Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV SD

  • Nurfaizah AP Universitas Negeri Makassar
  • Mutmainna Mutmainna Universitas Negeri Makassar
  • Siti Nursiah Universitas Negeri Makassar
Keywords: model pembelajaran, Predict, Observe, Explain (POE), hasil belajar IPA

Abstract

Penelitian Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Predict, Observe, Explain (POE) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SDI Japing Kecamatan Pattalassang Kabupaten Gowa. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Predict, Observe, Explain (POE) dan variabel terikatnya adalah hasil belajar IPA. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDI Japing Kecamatan Pattalassang Kabupaten Gowa yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas A dan kelas B, sedangkan sampelnya adalah kelas IV A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 17 orang dan kelas IV B sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 17 orang. Metode pengumpulan data dilakukan dengan tes, lembar observasi dan dokumentasi. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan tes hasil belajar IPA berupa pretest dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Berdasarkan hasil analisis statistik inferensial diperoleh nilai probabilitas lebih kecil dari α (alpha). Model pembelajaran Predict, Observe, Explain (POE) berada pada kategori baik. Begitupun dengan hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran Predict, Observe, Explain (POE) berada pada kategori baik dan lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar tanpa menggunakan model pembelajaran Predict, Observe, Explain (POE). Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Predict, Observe, Explain (POE) terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDI Japing Kecamatan Pattalassang Kabupaten Gowa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asyafah, A. (2019). Menimbang Model Pembeljaaran ( Kajian Teoretis-Kritis atas Model Pembelajaran dalam Pendidikan Islam ). 6(1), 19–32.

Arikunto. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Bumi Aksara

Botty, M. (2018). Hubungan Kreativitas Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas V Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Mi Ma’had Islamy Palembang. JIP: Jurnal Ilmiah PGMI, 4(1), 41–55. https://doi.org/10.19109/jip.v4i1.22655

Djalal, F. (2017). Optimalisasi Pembelajaran Melalui Pendekatan, Strategi, dan Model Pembelajaran. Jurnal Dharmawangsa, 2(1), 31–52.

Dwijayani, N. M. (2019). Development of circle learning media to improve student learning outcomes. Journal of Physics: Conference Series, 1321(2), 171–187. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1321/2/0220999

Ernawati Henny. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar. In Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal (Vol. 5, Issue 1). https://doi.org/10.37905/aksara.5.1.39-46.20199

Fitri, Anisa. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD. Skripsi. Makassar: Universitas Negeri Makassar

Fitriana, E. (2016). Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap Hasil Belajar IPS di SDN Gugus dr. Sutomo Kajen Kabupaten Pekalongan.

Giartama, Hartati, Destriani, & Victoriand, A. R. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran Tematik Integratif Penjasorkes pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar. educational research, 167–171.

Heriyunita. (2016). Korelasi Antara Tingkat Pendidikan Orang Tua dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih MIN 7 Jagabaya II Bandar Lampung.

Hidayah, A. & Yuberti. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Predict-Observe-Explain Terhadap Keterampilan Proses Belajar Fisika Siswa Pokok Bahasan Suhu dan Kalor. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education. 1 (1)

Lahir, S., Ma’ruf, M. H., & Tho’in, M. (2017). Peningkatan Prestasi Belajar Melalui Model Pembelajaran yang Tepat pada Sekolah Dasar sampai Perguruan Tinggi. Jurnal Ilmiah Edunomika, 0(01), 1–8.

Lindawati. (2021). Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Muatan Pelajaran IPA Kelas IV SD Negeri 91 Soreang Desa Tamalate Kecamatan Galesong Utara

Muna, I.A. 2017. Model Pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Proses IPA. Jurnal Studi Agama. 5 (1)

Pratiwi, U. D. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Muatan IPA tentang Morfologi Tumbuhan di SD Tarakanita Bumijo Yogyakarta.

Sanjaya,Wina. (2013). Penelitian Pendidikan Jenis Metode dan Prosedur. Jakarta: PT Kencana prenada media groub.

Saputri, R., Nurlela, N., & Patras, Y. E. (2018). Pengaruh Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Matematika. JPPGuseda | Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar, 3(1), 38–41. https://doi.org/10.33751/jppguseda.v3i1.20133

Saputra, H. D., Ismet, F., & Andrizal. (2018). Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK. JIVT, 18(1), 25–30.

Yasmin, Z., & Santoso, B. (2019). Fasilitas belajar dan metode mengajar guru sebagai faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa ( Learning facilities and teaching methods as a factor in affecting student learning outcomes ). JPMP, 4(1), 134–140. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.149644

Setiawati, S. M. (2018). Telaah Teoritis: Apa Itu Belajar? Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 35(1), 31–46.

Sukawati, I. (2020). Meningkatkan prestasi belajar ilmu pengetahuan alam melalui pendekatan lingkungan pada siswa sekolah dasar. Tajdidukasi: Jurnal Penelitian Dan Kajian Pendidikan Islam, 10(1), 19. https://doi.org/10.47736/tajdidukasi.v10i1.40

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Published
2022-08-31
How to Cite
AP, N., Mutmainna, M., & Nursiah, S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Predict, Observer, Explain Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV SD. Nubin Smart Journal, 2(3), 229-240. Retrieved from https://ojs.nubinsmart.id/index.php/nsj/article/view/91
Section
Articles