Pengaruh Penerapan Means Ends Analysis (MEA) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Peserta Didik Kelas IV

  • Latri Latri Universitas Negeri Makassar
  • Siti Raihan Universitas Negeri Makassar
  • Nur Alim Mahasiswa
Keywords: model pembelajaran means ends anlysis (mea), kemampuan berpikir kritis matematika

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh moodel means analysis (MEA) terhadap kemampuan berpikir kritis para peserta didik kelas IV sekolah dasar. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran berarti analisis akhir (MEA), sedangkan variabelnya adalah kemampuan untuk berpikir kritis terhadap para peserta didik. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV UPT SPF SD Inpres Cambaya 1 Kecamatan Tallo Kota Makassar yang terdiri dari 38 peserta didik, kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B sebagai kelas kontrol. Penentuan sampel yang dilakukan yaitu menggunakan teknik penarikan sampel purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tes, observasi dan dokumentasi. Data dikumpulkan dari mempersembahkan pretest, treatment dan posttest kemudian dianalisis secara statistik deskriptif dan statistik inferensial menggunakan uji independent sample t-test. Hasil penelitian yang dilaksanakan berdasarkan lembar obervasi diperoleh pengaruh penerapan model pembelajaran berarti analisis akhir (MEA) secara umum dilaksanakan dengan baik, terlihat pada setiap pertemuan. Pertemuan I 88% dengan kategori baik, sedangkan pertemuan II 90, 63% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan analisis statistik deskriprif diperoleh nilai rata (mean) pretest pada kelas eksperimen sebesar 22,95 kemudian nilai rata-rata posttest sebesar 77,95, hal ini menunjukkan adanya peningkatan signifikan dengan penerapan model pembelajaran means ended analysis (MEA). hasil Berdasarkan analisis uji independent sample t-test diperoleh Sig.(2-tailed) sebesar 0,000 < 0,

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aras, L., & Muslan, N. (2022). Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Kelas Iii Materi Bilangan Ribuan. 338–342.

Ariyanti, D. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Means-Ends Analysis Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Kelas Viii Smp N 1 Rao. 2(2), 111–117.

Atun, I., & Rosmala, A. (2018a). Model-Model Pembelajaran Matematika ( Sari B. Fatmawati (Ed.); 3rd Ed.). Pt Bumi Aksara.

Atun, I., & Rosmala, A. (2018b). Model-Model Pembelajaran Matematika ( Sari B. Fatmawati (Ed.); 3rd Ed.). Pt Bumi Aksara. Pt Bumi Aksara.

Delina, M, A., & Eti, R. E. (2018). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Dan Self Confidence Siswa Smp Melalui Pendekatan Realistic Mathematic Education. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(2614–2155).

Edi, S., & Rosnawati, R. (2021). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Model Discovery Learning. Jnpm (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(2), 234. Https://Doi.Org/10.33603/Jnpm.V5i2.3604

Fahruddin, F. (2012). Thinking Skill: Pengantar Menuju Berpikir Kritis. Suka Press Uin Sunan Kalijaga,.

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., Sumarmo, U. (2017). Hard Skill Dan Soft Skill Matematik Siswa (1st Ed.). Refika Aditama.

Hendriana, H., & Soemarmo, U. (2017). Penilaian Pembelajaran Matematika (2nd Ed.). Pt Refika Aditama.

Hevitria, Yuanita, & Arsisari, A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Tipe Means Ends Analysis (Mea) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. Cendekiawan, 3(2), 116–123. Https://Doi.Org/10.35438/Cendekiawan.V3i2.228

Hidayat, K., Sapriya, S., Hasan, S. H., & Wiyanarti, E. (2022). Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Dalam Pembelajaran Hybrid. Jurnal Basicedu, 6(2), 1517–1528. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V6i2.2265

Huda, M. (2013). Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Pustaka Pelajar.

Huda, M. (2014). Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Pustaka Pelajar.

Indrawati, D. (2022). Mathematics Learning Model In Elementary School To Developing Critical Thinking. 92–99.

Lestari, D. A. C. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Means Ends Analysis (Mea) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Sma.

Muhammad, S. (2016). Strategi Pembelajaran: Teori Dan Praktik Di Tingkat Pendidikan Dasar. Raja Wali.

Nuryanti, L., Zubaidah, S., & Diantoro, M. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas Ix. Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika Dan Pembelajarannya, 2006, 179–186.

Paggarra, H., Trisnawati, & Rahim, A. (2019). Penerapan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan. 5(2).

Raihan, S. (2021). Implementasi Workshop Blended Learning Menggunakan E-Book Lesson Plan Berbasis Hypercontent Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru. Publikasi Pendidikan, 11(1), 57. Https://Doi.Org/10.26858/Publikan.V11i1.19075

Sabat, D. R., & Malaikosa, Y. M. L. (2018). Efektivitas Media Audio-Visual Berbasis Example Non Example Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi. Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(4), 504–512. Http://Journal.Um.Ac.Id/Index.Php/Jptpp/

Samsunuwiyati, M. (2012). Psikologi Perkembangan. Pt Remaja Rosdakarya.

Sellars, M., Fakirmohammad, R., Bui, L., Fishetti, J., Niyozov, S., Reynolds, R., Thapliyal, N., Liu-Smith, Y. L., & Ali, N. (2018). Conversations On Critical Thinking: Can Critical Thinking Find Its Way Forward As The Skill Set And Mindset Of The Century? Education Sciences, 8(4). Https://Doi.Org/10.3390/Educsci8040205

Setiana, D. S., Purwoko, R. Y., & Sugiman. (2021). The Application Of Mathematics Learning Model To Stimulate Mathematical Critical Thinking Skills Of Senior High School Students. European Journal Of Educational Research, 10(1), 509–523. Https://Doi.Org/10.12973/Eu-Jer.10.1.509

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Ar-Ruzz Media.

Suhita Lestari, K. A. N., Mahayukti, G. A., & Mertasari, N. M. S. (2020). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Keaktifan Belajar Siswa Sma Melalui Means-Ends Analysis. Jnpm (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(2), 263. Https://Doi.Org/10.33603/Jnpm.V4i2.3487

Sukawati, S., Sutiarso, S., & Rosidin, U. (2022). Perbedaan Kemampuan Numerik Peserta Didik Yang Diterapkan Model Pembelajaran Means Ends Analysis (Mea) Dan Konvensional Ditinjau Dari Intelligence Quotient (Iq). Jnpm (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 6(1), 184. Https://Doi.Org/10.33603/Jnpm.V6i1.5340

Suryani, M., Jufri, L. H., & Putri, T. A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Berdasarkan Kemampuan Awal Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 119–130. Https://Doi.Org/10.31980/Mosharafa.V9i1.605

Susanto, A. (2015). Teori Belajar & Pembelajaran Di Sekkolah Dasar. Persada.

Utama, G. P., Ningrum, & Suprato, H. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Means-Ends Analysis(Mea) Terhadap Kemampuanberpikir Kritis Peserta Didik Kelas Viii Ips Terpadu Semester Ganjil Mtsal-Islah Sukadamai Natar. 1(1), 81–89.

Zakiah, L., & Lestari, I. (2019). Berpikir Kritis Dalam Konteks Pembelajaran. Erzatama Karya Abadi.

Published
2022-12-03
How to Cite
Latri, L., Raihan, S., & Alim, N. (2022). Pengaruh Penerapan Means Ends Analysis (MEA) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Peserta Didik Kelas IV. Nubin Smart Journal, 2(3), 197-214. Retrieved from https://ojs.nubinsmart.id/index.php/nsj/article/view/90
Section
Articles