Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kreativitas Siswa Membuat Karya Dekoratif
Abstract
Permasalahan pada penelitian ini ialah kurangnya kreativitas siswa membuat karya dekoratif pada muatan pembelajaran SBdP. Tujuan penelitian ini, (1) mengetahui gambaran model pembelajaran project based learning terhadap kreativitas siswa membuat karya dekoratif muatan pelajaran SBdP kelas III (2) mengetahui gambaran kreativitas siswa membuat karya dekoratif pada muatan pelajaran SBdP kelas III (3) mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap kreativitas siswa membuat karya dekoratif muatan pelajaran SBdP kelas III. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas III UPT SPF SD Inpres Antang I/I berjumlah 2 kelas sebanyak 40 siswa, sedangkan sampelnya adalah siswa kelas III A yang berjumlah 20 siswa sebagai kelas eksperimen, kemudian kelas III B sebagai kelas kontrol yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi keterlaksanaan proses pembelajaran, tes unjuk kerja digunakan untuk menilai produk yang telah dibuat siswa, angket yang dilakukan sebanyak dua kali yaitu pretest dan posttest, dokumentasi berupa perangkat pembelajaran dan dokumen penelitian. Teknik analisis data hasil penelitian menggunakan analisis dekriptif dan infrensial. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa kreativitas siswa kelas eksperimen meningkat setelah diberikan model pembelajaran project based learning dibuktikan dengan rata-rata hasil angket kreativitas siswa meningkat setelah diberikan model pembelajaran project based learning. Berdasarkan hasil statistik infrensial diperoleh nilai
Downloads
References
Ahyar, D. B., & dkk.(2021). Model-Model Pembelajaran. CV. Pradina Pustaka
Cahyana, U. (2021). Pengaruh Penerapan Online Project Based Learning dan Berpikir Kreatif Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas IV pada Pelajaran IPA. 8.
Dinantika, H. K., Suyanto, E., & Nyeneng, I. D. P. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kreativitas Siswa pada Materi Energi Terbarukan.Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 11(2), 73–80. https://doi.org/10.30599/jti.v11i2.473
Indraswari, T., Sari, S. P., Dewi, K. S., & Lestiyadi, A. P. (2021). Pelatihan Keterampilan dan Kreativitas Guna Meningkatkan Penghasilan Rumah Tangga. Jurnal Abdimas Tri Dharma Manajemen, 2(1), 44. https://doi.org/10.32493/ABMAS.v2i1.p44-53.y2021
Kemdikbud. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 67 Tahun 2013 Tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah
Maliki, S. (2021). Pelatihan Kreativitas dalam Penggunaan Daur Ulang Sampah Dari Sedotan di Pesantren Penghafal Al-Quran Darul Furqon Ramadhan Bogor.1(2), 5.
Raihan, S. (2021). Implementasi Workshop Blended Learning Menggunakan E-Book Lesson Plan Berbasis Hypercontent dalam Meningkatkan Kompetensi Guru. Publikasi Pendidikan, 11(1), 57. https://doi.org/10.26858/publikan.v11i1.19075
Sebayang, A. J. I. (2021). Musik Programmatik Perjanjian Sinai. Surabaya: Scopindo Media Pustaka
Surya, A. P., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kreatifitas Siswa Kelas III SD Negeri Sidorejo Lor 01 Salatiga. Jurnal Pesona Dasar, 6(1). https://doi.org/10.24815/pear.v6i1.10703