Penerapan Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Gaya dan Gerak

  • Riskawati Riskawati Universitas Negeri Makassar
  • Ila Israwaty Universitas Negeri Makassar
  • Nurul Mukhlisa Universitas Negeri Makassar
Keywords: Project Based Learning, hasil belajar, gaya dan gerak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa tentang gaya dan gerak di kelas IV UPTD SD Negeri 89 Parepare. Penelitian ini adalah peneltitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu 13 orang yakni 1 orang guru, 12 siswa kelas IV yang terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 5 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan data yang diperoleh selama pelaksanaan siklus I dan siklus II diketahui bahwa, proses aktivitas siswa pada penelitan siklus I berada pada kategori cukup (C) dengan taraf keberhasilan 64,81%, kemudian pada siklus II mengalami peningkatan yaitu berada pada kategori baik (B) dengan taraf keberhasilan 84,25% serta mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan. Sedangkan untuk hasil belajar siswa pada siklus I yaitu berada pada kualifikasi cukup (C) dengan taraf keberhasilan 66,67%, kemudian pada siklus II meningkat yaitu berada pada kualifikasi baik (B) dengan taraf keberhasilan 83,3%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran project based learning (PjBL) tentang gaya dan gerak dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa tentang gaya dan gerak kelas IV UPTD SD Negeri 89 Parepare.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Tabany, T. I. B. (2017). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum 2013 (Kurikulum Tematik Integratif/KTI). Kencana.

Cahyaningsih, R. N., & Siswanto, J. (2020). Keefektifan Model Project Based Learning Berbantu Multimedia Power Point Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan, 4(1), 34–40.

Devi, S. K., Ismanto, B., & Kristin, F. (2019). Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan Peningkatan Kemandirian dan Hasil Belajar Tematik melalui Project Based Learning. Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 2(1), 55–65.

Israwati, I., Fajar, & Muliasari, V. (2020). Penerapan Pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics): Experiment Box untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Mcam-macam Gaya di Kelas IV UPT SDN 62 Pinrang. Jurnal Publikasi Pendidikan, XX(xx), 1–6.

Israwaty, I., Nurjannah, & Syam, N. (2021). PKM Media PLTU Sederhana dan Lifting Hidraulic Sebagai Sarana Pendekatan STEM Berbasis PJBL di UPTD SD Negeri 46 Parepare. Seminar Nasional Hasil Pengabdian, 113–118.

Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kualitatif (Qualitative Research Approach). Deepulish Publisher.

Septantiningtyas, N., Dhofir, M., & Husain, W. M. (2020). Penelitian Tindakan Kelas. Penerbit Lakeisha.

Septiani, E., Zainal, Z., & Tawil, T. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas V Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning. Pinisi Journal PGSD, 2(1), 123–131.

Suardi, M. (2018). Belajar & Pembelajaran. Deepulish Publisher.

Syahid, L., Djabba, R., & Mukhlisa, N. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Barru. Journal of Education, 1(2), 168–185.

Taupik, R. P., & Fitria, Y. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Pencapaian Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1526–1531.

Wanto, A. H. (2017). Strategi Pemerintahan Kota Malang Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Berbasis Konsep Smart City. 39–43.

Published
2022-08-31
How to Cite
Riskawati, R., Israwaty, I., & Mukhlisa, N. (2022). Penerapan Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Gaya dan Gerak. Nubin Smart Journal, 2(3), 189-196. Retrieved from https://ojs.nubinsmart.id/index.php/nsj/article/view/86
Section
Articles