Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas II
Abstract
Studi ini menelaah penerapan pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa di Kelas II UPT SPF SD Inpres Perumnas Antang III. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Fokus penelitian ini dilihat dari (1) Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning. (2) Hasil belajar matematika siswa. Setting penelitian ini dilaksanakan di sekolah UPT SPF SD Inpres Perumnas Antang III Kota Makassar pada semester genap tahun ajaran 2021/2022. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 guru kelas dan 29 siswa kelas IIB UPT SPF SD Inpres Perumnas Antang III Kota Makassar. Rancangan tindakan dalam penelitian ini terdiri dari dua siklus masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif. Hasil observasi aktivitas mengajar guru pada siklus I berada pada kategori baik dan pada siklus II berada pada kategori baik. Dan hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I berada pada kategori baik dan hasil observasi aktivitas siswa pada siklus II berada pada kategori baik. Hasil belajar matematika siswa pada siklus I dengan nilai rata-rata di bawah KKM sedangkan hasil belajar matematika siswa pada siklus II dengan nilai rata-rata di atas KKM. Jadi disimpulkan bahwa dengan menerapkan Pendekatan Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas II UPT SPF SD Inpres Perumnas Antang III Kota Makassar.
Downloads
References
Al-Tabany, T. I. B. (2017). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Dan Konteksual. Prenada Media.
Djamarah, S. B., & Zain, A. (2013). Strategi Belajar Mengajar (Cetakan ke-5). Jakarta: Rineka Cipta.
Fuadi, R., Johar, R., & Munzir, S. (2016). Peningkatkan kemampuan pemahaman dan penalaran matematis melalui pendekatan kontekstual. Jurnal Didaktik Matematika, 3(1), 47–54.
Hasibuan, M. S. P. (2014). Manajemen sumber daya manusia (Ed. revisi. Cet. 18). PT Bumi Aksara.
Hermiwati, S. S. (2021). Contextual Teaching and Learning. CV Oase Pustaka.
Malawi, I., Kadarwati, A., & Dayu, D. P. K. (2019). Teori dan aplikasi pembelajaran terpadu. Cv. AE Media Grafika.
Naim, N. (2016). Menjadi guru inspiratif: memberdayakan dan mengubah jalan hidup siswa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Parwati, N. N. (2018). Belajar Dan Pembelajaran. Depok: Rajawali Pers.
Patana, E. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match pada Pembelajaran IPS untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 111 Inpres Bungin Kecamatan Makale Utara Kabupaten Tana Toraja. Makassar. Skripsi. Makassar: Universitas Negeri Makassar
Permendiknas No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
Purwanto. (2014). Evaluasi hasil belajar (B. Santoso, Ed.; cet. 3). Pustaka Pelajar.
Putra, S. R. (2013). Desain belajar mengajar kreatif berbasis sains. Yogyakarta: Diva Press.
Putrianasari, D. D., & Wasitohadi, W. (2015). Pengaruh Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (Ctl) Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Kelas 5 Sd Negeri Cukil 01 Kecamatan Tengaran-Kabupaten Semarang. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(1), 57–77.
Rosmala, A. (2021). Model-model pembelajaran matematika. Bumi Aksara.
Shoimin, A. (2021). 68 model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. . Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.
Sriyanto. (2017). Mengobarkan api matematika: membelajarkan matematika yang kreatif dan mencerdaskan (M. A. Rudhito, Ed.). Jejak Publisher.
Sugiarto, T. (2020). Contextual Teaching and Learning (CTL) (Vol. 7550334). cv. Mine.
Sumantri, M. S. (2015). Strategi pembelajaran teori dan praktik di tingkat pendidikan dasar. Jakarta: Rajawali Pers.
Susanto, A. (2016). Teori Belajar dan pembelajaran di sekolah dasar (cetakan ke-4). Jakarta: Prenadamedia Group, 2.
Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 pasal 10 ayat 1.