Evaluasi Implementasi Proses Belajar Mengajar IPA pada Siswa Kelas V SD

  • Isnawati Isnawati Universitas Muhammadiyyah Dr. Prof. Hamka
  • Musringudin Musringudin Universitas Muhammadiyyah Dr .Prof. Hamka
Keywords: evaluasi, CIPP, proses belajar mengajar, IPA

Abstract

Penelitian memiliki bertujuan untuk mencari tau sejauh mana penilaian pelaksanaan proses belajar mengajar IPA model CIPP ( Contexs, Input, Proses, Product )  terhadap hasil belajar siswa pada proses belajar mengajar IPA siswa kelas V SD Negeri 013 Kebun Cina. Penentuan penilaian terhadap pelaksanaan suatu pengalaman pendidikan dilihat dari seberapa besar tingkat pencapaian tujuan proses belajar mengajar yang telah ditetapkan untuk setiap bagian setting, informasi, interaksi dan pengenalan hasil latihan proses belajar mengajar. Pelaksanaan ujian ini merupakan eksplorasi subjektif dengan sistem penilaian setiap komponen conteks, Input, Proses, dan product untuk mencapai terlaksananya proses belajar mengajar IPA yang sah, maka sumber informasi ujian ini meliputi ketua kelas, pengajar yang menunjukkan IPA, dan siswa SD Negeri 013 Kebun Cina. Informasi tersebut kemudian diperiksa secara subyektif kemudian dokumentasi dan informasi Pertemuan tersebut dibedah dengan cara yang menjelaskan secara subyektif. Konsekuensi dari review ini menunjukkan bahwa pelaksanaan penilaian pelaksanaan proses belajar mengajar IPA model CIPP untuk siswa kelas 5 dalam prose proses belajar mengajar dikategorikan sudah efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Absari, N. (2020). the Effectiveness of Technology, Pedagogy and Content Knowledge (TPACK) in Learning. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 26(1), 43–51.

Al-Rifai, R. H. & Aziz, F. (2018). Prevalence of type 2 diabetes, prediabetes, and gestational diabetes mellitus in women of childbearing age in Middle East and North Africa, 2000–2017: protocol for two systematic reviews and meta-analyses. https://doi.org/10.1186/s13643-018-0763-0

Creswell, J.W. (1998). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing among Five Tradition. London: Sage Publications

Depdiknas .2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang sistem pendidikan nasional.

Depdiknas, (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas

Handayani, N.A & Jumadi. (2021). Analisis Pembelajaran IPA Secara Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(2): 217- 233.

Print, M. (1993). Curriculum Development and Design. Australia: Allen&Unwin.

Smith, N.,et al (2002). Managing Performance Managing People: Panduan praktis untuk memahami dan menngkatkan performa tim. Jakarta: PT. Bhuan Ilmu Populer.

Stufflebeam, D. L. et al. (1971). Educational Evaluation and Decision Making. Fourth Printing. Illinois: F. E. Peacock Publishers, Inc.

Published
2022-08-31
How to Cite
Isnawati, I., & Musringudin, M. (2022). Evaluasi Implementasi Proses Belajar Mengajar IPA pada Siswa Kelas V SD. Nubin Smart Journal, 2(3), 161-169. Retrieved from https://ojs.nubinsmart.id/index.php/nsj/article/view/83
Section
Articles