Evaluasi Implementasi Proses Belajar Mengajar IPA pada Siswa Kelas V SD
Abstract
Penelitian memiliki bertujuan untuk mencari tau sejauh mana penilaian pelaksanaan proses belajar mengajar IPA model CIPP ( Contexs, Input, Proses, Product ) terhadap hasil belajar siswa pada proses belajar mengajar IPA siswa kelas V SD Negeri 013 Kebun Cina. Penentuan penilaian terhadap pelaksanaan suatu pengalaman pendidikan dilihat dari seberapa besar tingkat pencapaian tujuan proses belajar mengajar yang telah ditetapkan untuk setiap bagian setting, informasi, interaksi dan pengenalan hasil latihan proses belajar mengajar. Pelaksanaan ujian ini merupakan eksplorasi subjektif dengan sistem penilaian setiap komponen conteks, Input, Proses, dan product untuk mencapai terlaksananya proses belajar mengajar IPA yang sah, maka sumber informasi ujian ini meliputi ketua kelas, pengajar yang menunjukkan IPA, dan siswa SD Negeri 013 Kebun Cina. Informasi tersebut kemudian diperiksa secara subyektif kemudian dokumentasi dan informasi Pertemuan tersebut dibedah dengan cara yang menjelaskan secara subyektif. Konsekuensi dari review ini menunjukkan bahwa pelaksanaan penilaian pelaksanaan proses belajar mengajar IPA model CIPP untuk siswa kelas 5 dalam prose proses belajar mengajar dikategorikan sudah efektif.
Downloads
References
Absari, N. (2020). the Effectiveness of Technology, Pedagogy and Content Knowledge (TPACK) in Learning. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 26(1), 43–51.
Al-Rifai, R. H. & Aziz, F. (2018). Prevalence of type 2 diabetes, prediabetes, and gestational diabetes mellitus in women of childbearing age in Middle East and North Africa, 2000–2017: protocol for two systematic reviews and meta-analyses. https://doi.org/10.1186/s13643-018-0763-0
Creswell, J.W. (1998). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing among Five Tradition. London: Sage Publications
Depdiknas .2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang sistem pendidikan nasional.
Depdiknas, (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas
Handayani, N.A & Jumadi. (2021). Analisis Pembelajaran IPA Secara Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(2): 217- 233.
Print, M. (1993). Curriculum Development and Design. Australia: Allen&Unwin.
Smith, N.,et al (2002). Managing Performance Managing People: Panduan praktis untuk memahami dan menngkatkan performa tim. Jakarta: PT. Bhuan Ilmu Populer.
Stufflebeam, D. L. et al. (1971). Educational Evaluation and Decision Making. Fourth Printing. Illinois: F. E. Peacock Publishers, Inc.