Penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV
Abstract
Studi ini menelaah Penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Gaya dan Gerak kelas IV SDN 150 Perindingan Kabupaten Tana Toraja. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Pelaksanaan tindakan penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus diawali dengan kegiatan pra tindakan kemudian pada setiap siklus terdiri dari 4 tahap meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Untuk mengetahui tingkat presentase proses dan hasil belajar siswa, peneliti menggunakan lembar observasi dan tes evaluasi pada setiap siklusnya. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN 150 Perindingan Kabupaten Tana Toraja pada tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 28 orang yang terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Teknik analisis data dilakukan selama dan sesudah pengumpulan data. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa kualifikasi aktivitas siswa pada proses pembelajaran siklus I berada pada kualifikasi cukup (C) dengan taraf keberhasilan 74,60% mengalami peningkatan pada siklus II yaitu berada pada kualifikasi baik (B) dengan taraf keberhasilan 84,52%. Sedangkan hasil belajar pra tindakan ketuntasan belajar siswa hanya mencapai 32,14% dari 28 siswa, meningkatkan pada siklus I mencapai 60,71% yang kemudian mengalami peningkatan lagi pada siklus II yaitu 89,28%. Sehingga dapat disimpunkan bahwa dengan penggunaan media pembelajaran Video Animasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Gaya dan Gerak kelas IV SDN 150 Perindingan Kabupaten Tana Toraja.
Downloads
References
Hakim, A., Israwaty, I., & Rustam, D. H. (2021). Penggunaan Media Video Pembelajaran pada Tema 2 tentang Kewajiban , Hak dan Tanggung Jawab untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V UPT SD Negeri 228 Pinrang. Publikasi Pendidikan, XX, 1–6.
Halik, A., & Israwaty, I. & M. (2019). Penerapan Metode Directed Reading Thingking Activity (DRTA) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SDN 65 Parepare. Jurnal Nalar Pendidikan, 7, 125–131.
Israwaty, I., Hasan, K., & M, M. R. (2021). Penerapan Pendekatan STEM ( Science , Technology , Engineering , And Mathematics ) : Pembangkit Listrik Sederhana untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas IV UPT SD Negeri 193 Pinrang. Jurnal Publikasi Pendidikan, XX, 1–4.
Karlina, H. (2017). Penggunaan Media Audio-Visual untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Naskah Drama. Journal Literasi, 1(April).
Nurdyansyah. (2019). Media Pembelajaran Inovatif (P. Rais (ed.); 1st ed.). Sidoarjo: UMSIDA Press.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung, Alfabeta.
Syam, N. dan R. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping dalam Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas IV SDN 54 Kota Parepare. Jurnal Publikasi Pendidikan, V(3), 184–197.
Wanto, Haris, A. (2017). Strategi Pemerintah Kota Malang dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Berbasis Konsep Smart City. Journal of Public Sector Innovations, 2(1), 39–43.