Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas IV

  • Alfiyah Wahyudin Universitas Negeri Makassar
  • Suarlin Suarlin Universitas Negeri Makassar
  • Andi Makassau Universitas Negeri Makassar
Keywords: hasil belajar IPS, model pembelajaran kooperatif, teams games tournament

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan permasalahan yang ada di sekolah yaitu, rendahnya minat siswa terhadap pembelajaran sehingga hasil belajar tidak optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Metode pengumpulan data dilakukan dengan tes, lembar observasi dan dokumentasi. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan tes hasil belajar IPS berupa pretest dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Penerapan model pembelajaran di kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berada pada kategori sangat efektif. Begitupun dengan hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berada pada kategori baik dan lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT). Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 50 Erebulu Kabupaten Sinjai.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariani, T., & Agustini, D. (2018). Model pembelajaran student team achievement division (stad) dan model pembelajaran teams games tournament (tgt): dampak terhadap hasilbelajar fisika. SPEJ (Science and Physics Education Journal), 1(2), 65–77.

Nugroho, D. R. & Rachman A. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe (Team Games Tournament) TGT terhadap Motivasi Siswa. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 1(1), 161-165

Septiyan, G. D. (2017). Pengaruh Model Teams Games Tournament Terhadap Ips Di Sekolah Dasar. Jurnal Mimbar Sekolah Dasar, 4(1), 106–116. https://doi.org/10.23819/mimbar-sd.v4i1.5547

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Zulfira, V., Anggereini, E., & Sadikin, A. (2019). The Effect of Application of Cooperative Learning Model Type Teams Games Tournament (TGT) on Biology Learning Outcomes on Biodiversity Materials At the Batang Hari 1 High School. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 5(3),273–285

Published
2022-08-31
How to Cite
Wahyudin, A., Suarlin, S., & Makassau, A. (2022). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas IV. Nubin Smart Journal, 2(3), 58-68. Retrieved from https://ojs.nubinsmart.id/index.php/nsj/article/view/80
Section
Articles