Analisis Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika di UPT SD Negeri 5 Arawa
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui gambaran motivasi belajar siswa pada pembelajaran matematika di UPT SD Negeri 5 Arawa Kabupaten Sidenreng Rappang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa UPT SD Negeri 5 Arawa yang berjumlah 265 orang, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV A, IV B, VA, VB, VI A, VI B yang berjumlah 128 orang dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif data kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis deskriptif, data yang diperoleh rata-rata motivasi belajar siswa sebesar 73,91, median (Me) sebesar 75.00, modus (Mo) sebesar 76, standar deviasi (SD) sebesar 7,707, varians sebesar 59,393, range sebesar 51 motivasi belajar terendah sebesar 40, dan motivasi belajar tertinggi sebesar 91, menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa pada pembelajaran matematika di UPT SD Negeri 5 Arawa Kabupaten Sidenreng Rappang berada pada kategori sedang dengan persentase 60,9%.
Downloads
References
Ayu, G. F. L., Koryati, D., & Jaenudin, R. 2019. Analisis Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas X Program Lintas Minat Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 16 Palembang. Jurnal Profit, 6(1), 69–79.
Hartini, T. S., & Warmi, A. 2020. Analisis Motivasi Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Matematika di SMP. Jurnal Prosiding Sesiomadika, 2(1c), 640–646.
Ningrat, S. P., Tegeh, I. M., & Sumantri, M. 2018. Kontribusi Gaya Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(3), 257-265.
Priandini, I., Setyawan, A., & Citrawati, T. 2020. Analisis Motivasi Belajar Siswa Kelas IV Telang 1 SDN pada Pembelajaran Matematika. Prosiding Naional Pendidikan (LPPM IKIP PGRI Bojonegoro), 1(1), 107–111.
Sultan, M. A., & Ruslan, R. 2021. Analisis Motivasi Belajar Siswa Pada Masa Pandemi COVID-19 di SDN 273 Anabanua Kabupaten Wajo Pendahuluan. Jurnal Sinestesia, 11(2), 93–99.
Undang-Undang RI Nomor 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi.
Zainal, Z., Halik, A., & Madania. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Paired story telling Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi Pada Muatan Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 3(3), 294–306.
Zainal, Z., Hasnah & Shasliani. 2020. PKM Pembuatan Alat Peraga Matematika. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 1, 1031–1034.