Penerapan Model Pembelajaran Role Playing dalam Meningkatkan Hasil Belajar Keterampilan Berbicara pada Siswa Kelas V
Abstract
Penerapan Model Pembelajaran Role Playing dalam Meningkatkan Hasil Belajar Keterampilan Berbicara pada Siswa Kelas V Sdn 03 Maros Kecamatan Turikale Kabupaten Maros. Penelitian ini adalah penelitian tindak kelas untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar keterampilan berbicara kelas V SD Negeri 03 Maros melalui model Role Playing. Pelaksanaan tindakan kelas dilakukan selama 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, obesevasi, dan refleksi. Sedangkan untuk mengetahui untuk mengetahui tingkat presentase keberhasilan siswa penelitian menggunakan lembar observasi dan tes hasil tiap siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 03 Maros tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 26 orang siswa. Analisis data selama dan sesudah pengumpulan data. Teknik analisis daya yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif. Dari hasil tes akhir siklus I yang diberikan menunjukkan bahwa dari 26 siswa pada tes belajar nilai rata-rata siswa adalah 69. Siswa yang tuntas dalam proses pembelajaran adalah 17 siswa dan tidak tuntas 9 siswa. Kemudian, pada hasil tes evaluasi siklus II terdapat 22 orang siswa mencapai SKBM. Jika dirata-ratakan maka hasil yang diperoleh dari kalkulasi nilai rata-rata keberhasilan presentasi maka ketuntasan hasil belajar berada pada kategori baik. Berdasarkan data yang diperoleh bahwa ketuntasan belajar siswa sampai akhir pertemuan sudah mencapai harapan yang diinginkan. Diperoleh nilai rata-rata belajar.
Downloads
References
Fatimah, Siti. 2020. “Penerapan Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Peningkatan Aktifitas Belajar Siswa Pada Pelajaran Bahasa Inggris Di Kelas IX SMP Negeri 2 Penyambungan.” Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents: 12–26.
Iman, Saipul, Magfhfirotul Fatha, and Saftuni Juliyana. 2021. “Efektivitas Pembelajaran Permainan Role-Playing Berbasis Pengalaman Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Siswa Sekolah Dasar.” Alim | Journal of Islamic Education 3(1): 105–18.
Mahaputra, I Gede Dody, Ni Ketut Suarni, I Nyoman Murda. 2016. “Penerapan Metode Pembelajaran Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V Semester Ganjil Sdn 4 Bungkulan Tahun Pelajaran 2016-2017.” Mimbar PGSD Undiksha 6(3).
Priatna, Setyarini. 2019. “Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Keterampilan BErbicara Siswa Kelas IV SD Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia.” Vembria Rose Handayani1, Nindya Putri Pratama 7(2): 28–35.
Rukin. 2019. Metodologi Penelitian Kualitatif. Sulawesi Selatan: Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia.
Sari, Rika Kurnia. 2020. “Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Ketrampilan Berbicara Pada Bahasa Indonesia Tingkat Sd.” Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK) 2(1): 61–67.
Fatimah, Siti. 2020. “Penerapan Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Peningkatan Aktifitas Belajar Siswa Pada Pelajaran Bahasa Inggris Di Kelas IX SMP Negeri 2 Penyambungan.” Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents: 12–26.
Iman, Saipul, Magfhfirotul Fatha, and Saftuni Juliyana. 2021. “Efektivitas Pembelajaran Permainan Role-Playing Berbasis Pengalaman Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Siswa Sekolah Dasar.” Alim | Journal of Islamic Education 3(1): 105–18.
Mahaputra, I Gede Dody, Ni Ketut Suarni, I Nyoman Murda. 2016. “Penerapan Metode Pembelajaran Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V Semester Ganjil Sdn 4 Bungkulan Tahun Pelajaran 2016-2017.” Mimbar PGSD Undiksha 6(3).
Priatna, Setyarini. 2019. “Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Keterampilan BErbicara Siswa Kelas IV SD Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia.” Vembria Rose Handayani1, Nindya Putri Pratama 7(2): 28–35.
Rukin. 2019. Metodologi Penelitian Kualitatif. Sulawesi Selatan: Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia.
Sari, Rika Kurnia. 2020. “Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Ketrampilan Berbicara Pada Bahasa Indonesia Tingkat Sd.” Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK) 2(1): 61–67.