Penerapan Model Pembelajaran Role Playing dalam Meningkatkan Hasil Belajar Keterampilan Berbicara pada Siswa Kelas V

  • Nur Sakinah Universitas Negeri Makassar
  • Rohana Rohana Universitas Negeri Makassar
  • Amir Pada Universitas Negeri Makassar
Keywords: role playing, keterampilan berbicara, hasil belajar

Abstract

Penerapan Model Pembelajaran Role Playing dalam Meningkatkan Hasil Belajar Keterampilan Berbicara pada Siswa Kelas V Sdn 03 Maros Kecamatan Turikale Kabupaten Maros. Penelitian ini adalah penelitian tindak kelas untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar keterampilan berbicara kelas V SD Negeri 03 Maros melalui model ­Role Playing. Pelaksanaan tindakan kelas dilakukan selama 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, obesevasi, dan refleksi. Sedangkan untuk mengetahui untuk mengetahui tingkat presentase keberhasilan siswa penelitian menggunakan lembar observasi dan tes hasil tiap siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 03 Maros tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 26 orang siswa. Analisis data selama dan sesudah pengumpulan data. Teknik analisis daya yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif. Dari hasil tes akhir siklus I yang diberikan menunjukkan bahwa dari 26 siswa pada tes belajar nilai rata-rata siswa adalah 69. Siswa yang tuntas dalam proses pembelajaran adalah 17 siswa dan tidak tuntas 9 siswa. Kemudian, pada hasil tes evaluasi siklus II terdapat 22 orang siswa mencapai SKBM. Jika dirata-ratakan maka hasil yang diperoleh dari kalkulasi nilai rata-rata keberhasilan presentasi maka ketuntasan hasil belajar berada pada kategori baik. Berdasarkan data yang diperoleh bahwa ketuntasan belajar siswa sampai akhir pertemuan sudah mencapai harapan yang diinginkan. Diperoleh nilai rata-rata belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fatimah, Siti. 2020. “Penerapan Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Peningkatan Aktifitas Belajar Siswa Pada Pelajaran Bahasa Inggris Di Kelas IX SMP Negeri 2 Penyambungan.” Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents: 12–26.

Iman, Saipul, Magfhfirotul Fatha, and Saftuni Juliyana. 2021. “Efektivitas Pembelajaran Permainan Role-Playing Berbasis Pengalaman Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Siswa Sekolah Dasar.” Alim | Journal of Islamic Education 3(1): 105–18.

Mahaputra, I Gede Dody, Ni Ketut Suarni, I Nyoman Murda. 2016. “Penerapan Metode Pembelajaran Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V Semester Ganjil Sdn 4 Bungkulan Tahun Pelajaran 2016-2017.” Mimbar PGSD Undiksha 6(3).

Priatna, Setyarini. 2019. “Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Keterampilan BErbicara Siswa Kelas IV SD Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia.” Vembria Rose Handayani1, Nindya Putri Pratama 7(2): 28–35.

Rukin. 2019. Metodologi Penelitian Kualitatif. Sulawesi Selatan: Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia.

Sari, Rika Kurnia. 2020. “Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Ketrampilan Berbicara Pada Bahasa Indonesia Tingkat Sd.” Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK) 2(1): 61–67.

Fatimah, Siti. 2020. “Penerapan Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Peningkatan Aktifitas Belajar Siswa Pada Pelajaran Bahasa Inggris Di Kelas IX SMP Negeri 2 Penyambungan.” Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents: 12–26.

Iman, Saipul, Magfhfirotul Fatha, and Saftuni Juliyana. 2021. “Efektivitas Pembelajaran Permainan Role-Playing Berbasis Pengalaman Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Siswa Sekolah Dasar.” Alim | Journal of Islamic Education 3(1): 105–18.

Mahaputra, I Gede Dody, Ni Ketut Suarni, I Nyoman Murda. 2016. “Penerapan Metode Pembelajaran Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V Semester Ganjil Sdn 4 Bungkulan Tahun Pelajaran 2016-2017.” Mimbar PGSD Undiksha 6(3).

Priatna, Setyarini. 2019. “Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Keterampilan BErbicara Siswa Kelas IV SD Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia.” Vembria Rose Handayani1, Nindya Putri Pratama 7(2): 28–35.

Rukin. 2019. Metodologi Penelitian Kualitatif. Sulawesi Selatan: Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia.

Sari, Rika Kurnia. 2020. “Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Ketrampilan Berbicara Pada Bahasa Indonesia Tingkat Sd.” Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK) 2(1): 61–67.

Published
2022-08-31
How to Cite
Sakinah, N., Rohana, R., & Pada, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Role Playing dalam Meningkatkan Hasil Belajar Keterampilan Berbicara pada Siswa Kelas V. Nubin Smart Journal, 2(3), 136-146. Retrieved from https://ojs.nubinsmart.id/index.php/nsj/article/view/76
Section
Articles