Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SDN 70 Pinrang

  • Nurjanah Nurjanah Universitas Negeri Makassar
  • Ila Israwaty Universitas Negeri Makassar
  • Nurfadillah Nurfadillah .Universitas Negeri Makassar
Keywords: model pembelajaran think pair share, hasil belajar, IPA

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar siswa kelas IV. Masalah dalam penelitian adalah bagaimanakah proses penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dan apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share pada muatan pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV UPTD SD Negeri 70 Pinrang. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Penelitian ini berfokus pada proses dan hasil belajar siswa pada materi Sumber dan perubahan bentuk energi dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Subjek penelitian yaitu guru dan siswa dengan jumlah 24 siswa terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Teknik analisis data yaitu kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pelaksanaan tindakan penelitian ini dilakukan dua siklus diawali kegiatan pra tindakan kemudian setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pada siklus I hasil penelitian proses pembelajaran observasi aktivitas guru berada pada kualifikasi baik (C) sedangkan observasi aktivitas siswa berada pada kualifikasi cukup (C) dan hasil tes belajar berada pada kualifikasi cukup (C). Sedangkan siklus II hasil penelitian proses pembelajaran observasi aktivitas guru dan siswa berada pada kualifikasi baik (B) dan hasil tes belajar siswa berada pada kualifikasi baik (B).  Kesimpulan penelitian adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar pada materi sumber dan perubahan bentuk energi siswa kelas IV UPTD SD Negeri 70 Pinrang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fauhah, Homroul dan Brillian Rosy. (2021). “Analisis Model Pembelajaran Make a Match terhadap Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran. 9(2):322.

Hasnah. (2013). “Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share di Kelas IV SD Negeri Kiru Kiru Kabupaten Barru.” Junal Publikasi Pendidikan 111(1):26-33.

Israwaty, Ila dan Natriani Syam. (2021). “Pengaruh Penggunaan Pendekatan STEM Berbasis PJBL Terhadap Hasil Belajar Pembelajaran IPA Siswa Kelas IV UPTD SD Negeri 65 Parepare.” 12.

Nuryasana, Endang. (2019). “Keefektifan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) dan model pembelajaran Inkuiri terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Dasar. 1(1):74.

Sunarsih, Diah dan Novi Yulianti. (2021). Pengembangan Pembelajaran Matematika Berbasis Active Learning. Klaten: Penerbit Lakeisha.

Published
2022-08-31
How to Cite
Nurjanah, N., Israwaty, I., & Nurfadillah, N. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SDN 70 Pinrang. Nubin Smart Journal, 2(3), 129-135. Retrieved from https://ojs.nubinsmart.id/index.php/nsj/article/view/75
Section
Articles