Penerapan Model Pembelajaran Visual Auditory Kinesthetic (VAK) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

  • Nurlina Nurlina Universitas Negeri Makassar
  • Muslimin Muslimin Universitas Negeri Makassar
  • Ila Israwaty Universitas Negeri Makassar
Keywords: Model Visual Auditory Kinesthetic, Hasil Belajar

Abstract

Studi ini menelaah Penerapan Model Pembelajaran Visual, Auditory, Kinesthetic (VAK) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa tentang Gaya dan Gerak di Kelas IV UPT SD Negeri 10 Pangkajene Kabupaten Sidrap. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV UPT SD Negeri 10 Pangkajene pada tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 24 siswa terdiri dari 11 orang siswa laki-laki dan 13 orang siswa perempuan. Pelaksanaan tindakan penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus diawali dengan kegiatan pra tindakan kemudian pada setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Berdasarkan analisis data yang diperoleh selama pelaksanaan siklus I dan siklus II bahwa diperoleh hasil penelitian pada siklus I berada pada kategori cukup (C), dan terjadi peningkatan pada siklus II yang berada pada kategori baik (B) serta mencapai indikator yang telah ditetapkan. Kesimpulan pada penelitian ini adalah penerapan Model Pembelajaran Visual, Auditory, Kinesthetic (VAK) dapat meningkatkan proses belajar dan hasil belajar siswa tentang gaya dan gerak di kelas IV UPT SD Negeri 10 Pangkajene Kabupaten Sidrap.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afandi, M., Chamalah, E., & Wardani, O. P. (2013). Model Dan Metode Pembelajaran Di Sekolah (Vol. 392, Issue 2). Semarang : Unissula Press. https://doi.org/10.1007/s00423-006-0143-4

Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi aksara.

Arsana, I. W. (2011). Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas V Yang Memiliki Kecerdasan Emosional Dan Gaya Belajar Yang Berbeda Di Kecamatan Rendang , Karangasem , Bali. 13.

Djamarah, S., B. & Aswan Zain. 2014. Strategi Belajar Mengajar. Jakart: Rineka Cipta.

Labu, N. (2021). Analisis Karakteristik Gaya Belajar Vak (Visual, Auditorial, Kinestetik) Siswa Kelas X SMAK St. Petrus Ende Tahun Ajaran 2019/2020. Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Katolik, 1(1), 1–21. https://doi.org/10.52110/jppak.v1i1.3

Sultan, M. A., Nurjannah, & Paurru, T. P. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran VAK (Visual Auditory Kinesthetic) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V UPT SD Negeri 96 Pinrang. Publikasi Pendidikan, 10. http://ojs.unm.ac.id/index.php/pubpend

Tuken, R., & Pasinggi, Y. S. (2018). Penerapan Pendekatan Kontekstual (CTL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Program Studi PGSD UNM Kampus Parepare Pada Mata Kuliah PKn I. Jurnal Publikasi Pendidikan, Vol. 8. No.

Zulfadewina, Iba, K., & Noviyanti, I. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Visual, Auditori, dan kinestetik (VAK) terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas IV di SDN Pondok Kopi 07 Pagi Jakarta Timur. Jurnal Elementaria Edukasia, 3(2), 355–364. http://jurnal.unma.ac.id/index.php/jee/article/download/2392/1994

Published
2022-08-31
How to Cite
Nurlina, N., Muslimin, M., & Israwaty, I. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Visual Auditory Kinesthetic (VAK) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Nubin Smart Journal, 2(3), 122-128. Retrieved from https://ojs.nubinsmart.id/index.php/nsj/article/view/70
Section
Articles