Penerapan Model Children Learning in Science Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kabupaten Sidenreng Rappang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN 1 Tonronge sebanyak 18 siswa yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan serta 1 guru. Fokus penelitian meliputi fokus proses dan fokus hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe CLIS dalam meningkatkan hasil belajar siswa tentang konsep gaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah, observasi, tes dan dokumentasi. Penelitian dilaksanakan sebanyak dua siklus. Hasil penelitian pada siklus I berada pada kategori cukup, terjadi peningkatan pada siklus II yaitu persentase hasil belajar berada pada kategori baik dan telah mencapai indikator yang telah di tetapkan. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Children Learning In Science (CLIS) dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa tentang konsep gaya kelas IV SDN 1 Tonronge Kabupaten Sidenreng Rappang.
Downloads
References
Ardiana, Nana, Asep Kurnia Jayadinata & Diah Gusrayani. 2017. Penerapan Pembelajaran CLIS Pada Materi Sifat-sifat Cahaya untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V. Jurnal Pena Ilmiah. Vol 2 (1) : 320.
Arikunto, Suhardjono, dan Supardi. 2015. Penelitian Pendidikan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Djamarah, Syaiful Bahri & Zain Aswan. 2014. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Halik, Abdul, Sayidiman, dan Muhammad Asrul Sultan. Hubungan Gaya Belajar Mahasiswa dengan Prestasi Belajar Mahasiswa pada Kampus V UNM PGSD Parepare pada Mata Kuliah Bahasa Inggris. Jurnal Publikasi Pendidikan. Vol.V7 (1) : 25.
Hardiansyah, Imam Wahyu. 2021. Penerapan gaya gesek pada kehidupan manusia. Jurnal Pendidikan IPA. Vol.10 (1) : 70
Hasan, Kamaruddin., Abdul Hakim., & Fajar. Model Kultur Sekolah Berbasis Multiple Intelligences di SD Inpres Palanro Kabupaten Barru. Jurnal Publikasi Pendidikan. Vol. 7 (3): 140-150.
Ismail, Ali. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) Berbantuan Multimedia untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Fisika Siswa SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika dan Riset Ilmiah. Vol.1 (2) : 19.
Israwaty, Ila, Fajar dan Vivi Muliasari. 2020. Penerapan Pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) : Experiment Box untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Macam-macam Gaya di Kelas IV UPT SDN 62 Pinrang. Jurnal Publikasi Pendidikan. Vol. 10 (10): 2
Kurniasih, Trisna, I Nyoman Jampel dan Putu Nanci Riastini. 2016. Penerapan Model CLIS untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD. Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 4(1).
Lefudin. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta : Deepublish.
Muslimin & Amran, Muhammad. 2020. Penerapan Pembelajaran Keterampilan Proses Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa SD Kelas IV Pada Materi Konsep Energi Bunyi. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan. Vol. 4(2) : 130.
Saputra, Nanda, Luvy Sylviana Zanthy, Ega Gradini, Jahring, Ali Rif'an an Ardian. 2021. Penelitian Tindak Kelas. Aceh : Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Siallagan, Herta. 2015. Upaya meningkatkan Prestasi Belajar Siswa dengan Menerapkan Model Pembelajaran CLIS pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Teknologi Pendidikan. Vol. 8 (2) : 283
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi