Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Example Non-Example Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

  • Yulia Yulia Universitas Negeri Makassar
  • Abdul Hakim Universitas Negeri Makassar
  • Tri Ayi Aprilia Universitas Negeri Makassar
Keywords: model pembelajaran kooperatif, example non example, hasil belajar

Abstract

Studi ini menelaah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Example Non Example untuk meningkatkan hasil belajar tentang indahnya keberagaman di negeriku pada siswa kelas IV UPTD SPF SDN 31 Tellang Kabupaten Soppeng. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Pelaksanaan tindakan penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus diawali dengan kegiatan pra tindakan kemudian pada setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Untuk mengetahui tingkat persentase proses dan hasil belajar siswa, peneliti menggunakan lembar observasi dan tes evaluasi pada setiap siklusnya. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV UPTD SPF SDN 31 Tellang Kabupaten Soppeng. pada tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 10 orang siswa terdiri dari  3 orang laki-laki dan 7 orang perempuan. Analisis data dilakukan selama dan sesudah pengumpulan data. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif. Berdasarkan data yang diperoleh selama pelaksanaan siklus I dan siklus II bahwa diperoleh proses hasil penelitian pada siklus I berada pada kategori cukup, dan terjadi peningkatan pada siklus II yang berada pada kategori baik serta mencapai indikator yang telah ditetapkan. Simpulan penelitian ini adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Example Non Example dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa pada materi indahnya keberagaman di negeriku pada siswa kelas IV UPTD SPF SDN 31 Tellang Kabupaten Soppeng.  Rata-rata nilai ketuntasan siswa pada siklus I dengan kategori cukup dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan kategori baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suhardjono, & Supardi. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Sinar Grafika.

Djamrah, S.B, & Zain, A. (2014). Strategi Belajar Mengajar. Renika Cipta.

M., St. Maryam., Zainal, Zaid., & Armila. (2019). Penerapan Metode Problem Solving untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV UPT SD Negeri 95 Kecamatan Suppa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. Vol. 2 (1): 1–12.

Manawan, S. V. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Examples Non Examples Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar. Vol. 2 (2): 159-165.

Novianti, Y. R. (2021). Meningaktkan Keaktifan dan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Dengan Menggunakan Metode Kooperatif Tipe Example Non Example Siswa Kelas VIII-J Tahun Pelajaran 2018-2019. Jurnal Ilmiah. Vol. 8 (2): 142-151.

Nugrahani, F., & Hum, M. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Surakarta.

Poko (2017). Penerapan Model Pembelajaran Example Non Examples Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan. .Vol. 1 (1): 9-14

Syarifah, H. (2016). Penggunaan Model Pembelajaran Examples Non Examples Terhadap Ketuntasan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Tokoh-Tokoh Pergerakan Nasional Kelas V SDN Banda Aceh. Jurnal Pesona Dasar. Vol. 3 (4): 54-64.

Talitha, R. I., & Cempakasari, T. (2016). Penerapan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Menghargai Keragaman Suku Bangsa Dan Budaya Di Indonesia Pada Pembelajaran Ips Kelas V Sdn Cijati. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol. 1 (2): 231–241.

Yusuf Aditya, D. (2016). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Resitasi terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. SAP (Susunan Artikel Pendidikan). Vol. 1 (2): 165–174.

Published
2022-08-31
How to Cite
Yulia, Y., Hakim, A., & Aprilia, T. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Example Non-Example Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Nubin Smart Journal, 2(3), 86-96. Retrieved from https://ojs.nubinsmart.id/index.php/nsj/article/view/67
Section
Articles