Penerapan Metode Card Sort Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Siklus Hidup Makhluk Hidup Siswa

  • Musfirah Musfirah Universitas Negeri Makassar
  • Muslimin Muslimin Universitas Negeri Makassar
  • Jumaini Jumaini Universitas Negeri Makassar
Keywords: siswa SD, hasil belajar, metode card slot

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan proses dan hasil belajar siswa tentang siklus hidup makhluk hidup dengan menerapkan metode pembelajaran card sort. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Fokus pada penelitian ini adalah fokus proses dan fokus hasil. Penelitian ini dilaksanakan di UPT SD Negeri 9 Benteng Kabupaten Sidrap dengan subjek penelitian yaitu guru dan siswa kelas IV UPT SD Negeri 9 Benteng tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 20 siswa terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus. Setiap siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Dari pelaksanaan diperoleh data yang dikumpulkan dengan teknik observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Hasil pembelajaran siklus I menunjukkan bahwa indikator keberhasilan mencapai kategori cukup (C) dan siklus II hasil pembelajaran telah mencapai kategori baik (B). Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan metode pembelajaran card sort dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa tentang siklus hidup makhluk hidup di kelas IV UPT SD Negeri 9 Benteng Kabupaten Sidrap.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisah, Nunuk Suryani, dan Siti Sutarmi Fadhilah. 2018. Penerapan Strategi Pembelajaran Card Sort Kolaborasi Small Group Discussion Sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Penelitian Teknologi Pendidikan. Vol. 16(1): 1–9.

Arini, Trisia. 2020. Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Metode Card Sort Siswa Kelas VIIb di SMP Negeri 3 Kampak. Jurnal Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan. Vol. 20(2): 367–389.

Djamarah, S.B dan Zain, A. 2014. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Renika Cipta.

Elfimar. 2019. Peningkatan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Pkn Melalui Metode Pembelajaran Card Sort (Kartu Sortir) Pada Siswa Kelas IV SDN 15 Kumanih Ateh.” Jurnal Manajemen Pendidikan. Vol. 4(2): 299–306.

Fakhrurrazi. 2016. Penerapan Metode Card Sort dalam Meningkatkan Motivasi dan Kemampuan Belajar Siswa Bidang Studi Al-Qur’an Hadits. Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol. 3 (2):67-101.

Hanifah, Erma Nur, dan Taat Wulandari. 2018. Penggunaan Metode Card Sort Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran IPS Kelas VIII E SMP Negeri 1 Majalengka. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia. Vol. 5(1): 61–80.

Haryati, Etik Desti, Mugiadi fan Suwarjo. 2015. Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Melalui Metode Card Sort. Jurnal Pendidikan Dasar. Vol. 3(4):1-13.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 67 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah/Madrasah Ibtidaiyah.

Sanjaya, I Ketut dkk, Penerapan Strategi Pembelajaran Card Sort Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA, e-Journal PGSD. Vol. 6 No (3): 7-21.

Saputra, Nanda et al. 2021. Penelitian Tindakan Kelas. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Sholichah, Mar’atus. 2020. Penerapan Metode Card Sort Dalam Menyampaikan Materi Pelajaran PAI Q.S. Yunus: 40-41di Kelas XI SMAN 1 Geger Madiun. Jurnal Studi Islam dan Sosial. Vol. 13(2): 40–41.

Simbolon, Rinci dan Nova Indriyani. 2020. Penggunaan Model Card Sort Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 14 Simbolon Purba. Jurnal Curere. Vol. 4(1): 67–73.

Sumarno. 2016. Pengaruh Balikan (Feedback) Guru dalam Pembelajaran terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik (Suatu Kajian Teoritis dan Empirik). Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Vol. 1 (2): 115-125.

Zaini, Hisyam, Bermawy Munthe, and Sekar Ayu Aryani. 2019. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

Published
2022-08-31
How to Cite
Musfirah, M., Muslimin, M., & Jumaini, J. (2022). Penerapan Metode Card Sort Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Siklus Hidup Makhluk Hidup Siswa. Nubin Smart Journal, 2(3), 78-85. Retrieved from https://ojs.nubinsmart.id/index.php/nsj/article/view/64
Section
Articles