Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
Abstract
: Permasalahan pada penelitian ini yaitu, hasil belajar siswa kelas V UPT SD Negeri 9 Bentang Kabupaten Sidrap yang belum mencapai standar ketuntasan minimum yang ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Pelaksanaan tindakan penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus diawali dengan kegiatan pra tindakan kemudian pada setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Dalam mengetahui tingkat persentase proses dan hasil belajar siswa, peneliti menggunakan lembar observasi dan tes evaluasi pada setiap siklusnya. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V UPT SD Negeri 9 Benteng pada tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 20 orang siswa terdiri dari 10 orang laki- laki dan 10 orang perempuan. Analisis data dilakukan selama dan sesudah pengumpulan data. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif. Berdasarkan data yang diperoleh selama pelaksanaan siklus I dan siklus II bahwa diperoleh hasil penelitian pada siklus I berada pada kategori cukup, dan terjadi peningkatan pada siklus II yang berada pada kategori baik serta mencapai indikator yang telah ditetapkan. Simpulan penelitian ini adalah dengan menerapkan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan proses belajar dan hasil belajar siswa pada materi rantai makanan di kelas V UPT SD Negeri 9 Benteng.
Downloads
References
Apriany, Wiki Apriany, Endang Widi Winarni, and Abdul Muktadir Muktadir. 2020. “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas V SD Negeri 5 Kota Bengkulu.” Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Pendidikan Dasar 3(1): 88–97.
Arikunto, Suharsimi, Suhardjono, dan Supardi. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Djamarah, S.B dan Zain, A. 2014. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Renika Cipta.
Fitrah, Muhammad, dan Luthfiyah. 2017. Metodologi Penelitian; Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus. Sukabumi: CV Jejak.
Ilmi, N. 2021. Analisis Pragmatik Imperatif Dalam Novel Pulang Karya Tere Liye. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 5(1), 154–160.
Indra, Widya, and Yanti Fitria. 2020. Pengembangan Model Pembelajaran PBL Berbasis Digital Untuk Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan Dan Literasi Sains. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Lukman, Ma’ruf, Muhammad Fajar and Yonathan S Pasinggi. 2021. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Kelas Enam Di Kabupaten Wajo.” Journal of Education 1(2): 210–16.
Manihar, Situmorang. 2019. Penelitian Tindakan Kelas. Depok.
Sari, Rona Taula, and Siska Angreni. 2018. “Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Upaya Peningkatan Kreativitas Mahasiswa.” Jurnal VARIDIKA 30(1): 79–83.
Suciani, Tititri, Elly Lasmanawati, and Yulia Rahmawati. 2018. “Media Pendidikan, Gizi Dan Kuliner. Vol. 7, No. 1, April 2018 9.” Jurnal Media Pendidikan, Gizi dan Kuliner. 7(1): 9–17.
Suprayitno, Adi. 2020. Menyusun PTK Era 4.0. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 pasal 1 ayat 1 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Wahyudi, Wahyudi. 2021. “Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL)Untuk Meningkatan Hasil Belajar Fisika Materi Listrik Statis Danlistrik Dinamis Siswa Kelas X Rpl 1 Smk N I Dlanggu.Kab. Mojokerto Tapel 2018/2019.” Journal of Education Action Research 5(1): 57–66.