Pengaruh Penggunaan Media Ular Tangga Besar Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas V
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk menggambarkan penggunaan media ular tangga besar, untuk menggambarkan minat belajar siswa dan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media ular tangga besar terhadap minat belajar siswa kelas V SDN 41 Matekko Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba. Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya variasi belajar yang digunakan oleh guru seperti penggunaan media pembelajaran yang mengakibatkan kurangnya minat belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah; (1) Bagaimana gambaran penggunaan media ular tangga besar?; (2) Bagaimana gambaran minat belajar siswa; (3) Apakah terdapat pengaruh penggunaan media ular tangga besar pada minat belajar siswa kelas V SDN 41 Matekko Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba? Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penggunaan media ular tangga besar dan variabel terikatnya adalah minat belajar siswa. Desain penelitian ini adalah Quasi Eksperimental Design. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 41 Matekko Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba. Sampel yang terpilih dalam penelitian ini berdasarkan teknik Purposive Sampling yaitu siswa kelas V SDN 41 Matekko Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu angket, lembar observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial yang terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan Independent Sample T-test. Hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa : (1) Gambaran penggunaan media ular tangga besar pada kelas eksperimen berlangsung secara efektif dikarenakan kategori persentase untuk setiap pertemuan meningkat. (2) Minat belajar siswa pada kelas eksperimen lebih meningkat dibandingkan dengan minat belajar siswa pada kelas kontrol. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai post non-test pada kelas eksperimen berada pada kategori sangat berminat sedangkan pada kelas kontrol berada pada kategori berminat. (3) Terdapat pengaruh media ular tangga besar. Hal ini karena adanya perbedaan yang signifikan pada nilai post non-test antara kelas eksperimen dengan menggunakan media ular tangga besar dengan kelas kontrol tanpa menggunakan media gambar.
Downloads
References
Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.
Arsyad, Azhar. 2017. Media pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Astriadi, R., Usman, A., & Riva’ie, W. (2019). Pengembangan media ular tangga dalam pembelajaran sejarah kelas x sman 6 pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(4), 1–15.
Fadillah, A. (2016). Analisis Minat Belajar Dan Bakat Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. M A T H L I N E : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(2), 113–122. https://doi.org/10.31943/mathline.v1i2.23
Ferryka, P. Z. (2018). Permainan ular tangga dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar. 29(58-64). https://doi.org/10.31227/osf.io/8bwg3
Hamzah, Nurul Haazmi. 2021. Pengaruh Penggunaan Media Tangram Berbasis Vidio Terhadap Minat Belajar Mateatika Pada Masa Pandemi Covid-19 Siswa Kelas III UPT SPFSD Negeri Sudirman III Kota Makassar. Skripsi: Universitas Negeri Makassar.
Hendriana, H. Rohaeti, E, E & Soemarno, U. (2017). Hard Skills and Soft Skills Matematik Siswa. Bandung : PT Refika Aditama.
Indahsari, N. A., Yuniasih, N., & Sulistyowati, P. (2019). Analisis Kesesuaian Media Pembelajaran dalam Pembelajaran Tematik Kelas V di SD Muslimat NU Kota Malang. Seminar Nasional PGSD, 3(20), 49–62.
Karina, R. M., Syafrina, A., & Habibah, S. (2017). Hubungan Antara Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Ipa Pada Kelas V Sd Negeri Garot Geuceu Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 61–77. https://media.neliti.com/media/publications/188212-ID-hubungan-antara-minat-belajar-dengan-has.pdf
Meilani, R. I. (2017). Impak minat dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa ( The impacts of students ’ learning interest and motivation on their learning outcomes ). 2(2), 188–201.
Muharram, Dkk. (2020). Panduan Tugas Akhir Mahasiswa Universitas Negeri Makassar. Makassar: Badan Penerbit UNM.
Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. 1(1), 128–135.
Nurhayani, N. S., & Hidayanti, M. (2021). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA. 3(1), 49–56.
Pagarra, H., & Idrus, N. A. (2018). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran IPA Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas III SD Inpres Lanraki 2 Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar. Publikasi Pendidikan, 8(1), (30-40). https://doi.org/10.26858/publikan.v8i1.4362
Pakpahan, Andrew Fernando dkk. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran. Medan : Yayasan Kita Menulis.
Pratiwi, N. K. (2017). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Perhatian Orang Tua, Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Smk Kesehatan Di Kota Tangerang. Pujangga, 1(2), 31. https://doi.org/10.47313/pujangga.v1i2.320
Putri, K., Djaja, S., & Suyadi, B. (2017). The Influence of Learning Interest and Emotional Intelligence towards Learning Achievement Grade XI Senior High School 1 Prajekan Regency Bondowoso School Year 2016/2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 11(2017), 67–74.
Putri, W. N. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar Bahasa Arab Siswa Madrasah Tsanawiyah. LISANIA: Journal of Arabic Education and Literature, 1(1), 1–16. https://doi.org/10.18326/lisania.v1i1.817
Setiani, Ani dan Donni Juni Prinasa. 2015. Manajemen Peserta Didik dan Model Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. 2017. Metodologi Penelitian Pendidikan (Pendekatan kuantitatif kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta
Sumarrno. 2017. Hard Skills dan Soft Skills Matematika Siswa. Bandung : Aditama. (66)
Susanto, Ahmad. 2019. Teori Belajar Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta : Prenada Media Group.
Syafitri, A., Amir, H., & Elvinawati. (2019). PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN MEDIA ULAR TANGGA DAN MEDIA PUZZLE DI KELAS XI SMA NEGERI 01 BENGKULU TENGAH. 3(2), 132–138.
Syawaluddin, A., Afriani Rachman, S., & Khaerunnisa. (2020). Developing Snake Ladder Game Learning Media to Increase Students’ Interest and Learning Outcomes on Social Studies in Elementary School. Simulation and Gaming, 51(4), 432–442. https://doi.org/10.1177/1046878120921902
Taroreh, B. S., & Satria, M. H. (2020). Implementasi Permainan Cba Pada Pembelajaran Atletik Sebagai Solusi Alternatif Melestarikan Permainan Tradisional Di Sumatera Selatan. Jurnal Curere, 4(1), 9–16.
Wahyuni, I. (2018). Pemilihan Media Pembelajaran. Artikel, 1(1), 1–14. http://eprints.umsida.ac.id/3723/
Wati, A. (2021). Pengembangan Media Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran …, 2(1), 69. https://doi.org/10.22219/jinop.v1i1.2450
Wati, R. (2019). PENGARUH PEMBELAJARAN TIMES GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA KARTU SOAL TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI MA HIKMATUSYSYARIEF SELAT NARMADA. Skripsi : Universitas IslamNegeri Semarang.
Wiliawanto, W., Bernard, M., Akbar, P., & Sugandi, A. I. (2019). Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Question Student Have Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematik Siswa SMK. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 139–148. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i1.86