Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif “Siklus Air” Berbasis Digital

  • Alvina Tobba Universitas Negeri Makassar
  • Hamzah Pagarra Universitas Negeri Makassar
  • Nurhaedah Nurhaedah Universitas Negeri Makassar
Keywords: multimedia pembelajaran interaktif, siklus air, berbasis digital

Abstract

Penelitian ini mengembangkan multimedia pembelajaran interaktif “Siklus Air” berbasis digital untuk siswa kelas V SD Negeri 23 Takku. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk multimedia pembelajaran interaktif “Siklus Air” berbasis digital yang valid dan untuk mengetahui respon responden terhadap produk multimedia pembelajaran interaktif “Siklus Air” berbasis digital yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian research and development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan Alessi & Trollip. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas V A SD Negeri 23 Takku yang berjumlah 30 orang siswa. Prosedur penelitian dan pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan Alessi & Trollip yang dimulai dengan tahap perencanaan (planning), tahap perancangan (design) dan tahap pengembangan (development). Produk  yang  dikembangkan telah melalui uji alpha dan uji beta. Uji alpha dilakukan oleh 1 orang ahli  media  dan  materi.  Uji  beta  dilakukan  oleh  pengguna  yang merupakan  30  siswa  dan  1 guru  SD  Negeri 23 Takku. Instrumen   yang   digunakan   untuk   mengetahui  kelayakan   produk. Instrumen penilaian tersebut,  diberikan  kepada  ahli  media,  ahli  materi  dan  pengguna. Dimana nilai akhir yang diperoleh dari ahli media ditinjau dari aspek pemograman  dan  tampilan,  yaitu  sebesar  93,75%  dengan  kategori sangat  layak.  nilai  akhir  yang  diperoleh  dari  ahli materi  ditinjau  dari aspek  pembelajaran  dan  isi,  yaitu  sebesar  90,78%  dengan  kategori sangat layak. Nilai akhir yang diperoleh dari siswa dan guru sebagai pengguna,  yaitu  sebesar  87,91%  dan  95,83%  dengan  kategori  sangat layak. Berdasarkan penilaian tersebut, dapat disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan ini snagat layak digunakan untuk siswa kelas V SD.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alessi, S. M & Trollip, S. R. (2001). Multimedia For Learning: Methods and Development. Messachusetts: A Person Educational Company.

Dwiqi, Gede Cris Smaramanik, I Gde Wawan Sudatha, and Adrianus I Wayan Ilia Yuda Sukmana. 2020. “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran IPA Untuk Siswa SD Kelas V.” Jurnal Edutech Undiksha 8(2): 33.

Faisal, Muh. et al. 2020. “Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar Dalam Mengembangkan Bahan Ajar Digital Di Kabupaten Gowa.” Jurnal Publikasi Pendidikan 10(3): 266–70. http://ojs.unm.ac.id/index.php/pubpend.

Hotimah & Ali Muhtadi. 2017. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif IPA untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Materi Mikroorganisme SMP. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan. Vol. 4 No. 2.

Irawati, D. A., Astiningrum, M., & Diwantari, A. R. (2018) Pengembangan Game 2D Kesehatan Mulut dan Gigi Menggunakan Metode Analytical Heurarchy Process. Seminar Nasional Informatika UPN "Veteran" Yogyakarta, 1 (1), 173-183.

Kustandi, Cecep & Bambang Sutjipto. 2013. Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.

Mardapi, D. (2008). Teknik Penyusunan Instrumen Tes Dan Non Tes. Yogyakarta: Mitra Cendekia.

Pangestuti, J. R. (2019). Efektivitas Media Pembelajaran IPA Terpadu Berbasis Android Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Cahaya Dan Alat Optik Pada Siswa Kelas VIII MTs NU Ungaran Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi. Institut Agama Islam (IAIN) Salatiga.

Satrianawati. 2018. Media dan Sumber Belajar. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.

Shofa, M. I., Redhana, I. W., & Juniartina, P. P. (2020). Analisis kebutuhan pengembangan media pembelajaran IPA berbasis argument mapping. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia, 3(1), 31–40.

Sugiono. 2015. Metodelogi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Surjono, H. D. (2017). Multimedia Pembelajaran Interaktif Konsep dan Pengembangan. In Fitriyanti & Masruri (Eds.), UNY Press (Pertama). UNY Press.

Tanti, Isnandi, H., & Maison. (2020). Konstruksi dan Validasi Bahan Ajar Fisika Berbasis Masalah (Problem Based Learning) untuk Meningkatkan Keterampilan Generik Siswa. JoTaLP: Journal of Teaching and Learning Physics, 5 (1), 28-34.

Tri Suwarno Handoko, Nengsih Juanengsih, Eny s. Rosyidatun. 2015. Penggunaan Media Animasi Sistem Pernapasan Manusia untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi. Edusains 7(1):58-63. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Jakarta.

Wahyuningtyas, R., & Sulasmono, B. S. (2020). Pentingnya Media dalam Pembelajaran Guna Meningkatkan Hasil Belajar di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 23–27.

Wibawanto, Wandah. 2017. Desain dan Pemprograman Multimedia Pembelajaran Interaktif. Jawa Timur: Cerdas Ulet Kreatif.

Yanto, Doni Tri Putra. 2019. “Praktikalitas Media Pembelajaran Interaktif Pada Proses Pembelajaran Rangkaian Listrik.” INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi 19(1): 75–82.

Published
2022-08-31
How to Cite
Tobba, A., Pagarra, H., & Nurhaedah, N. (2022). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif “Siklus Air” Berbasis Digital. Nubin Smart Journal, 2(3), 17-42. Retrieved from https://ojs.nubinsmart.id/index.php/nsj/article/view/56
Section
Articles