Penerapan Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa tentang Perubahan Wujud Benda

  • Nuraina Nuraina Universitas Negeri Makassar
  • Muslimin Muslimin Universitas Negeri Makassar
  • Nur Ilmi Universitas Negeri Makassar
Keywords: Model Team Asissted Individualization, hasil belajar, perubahan wujud benda

Abstract

Belajar siswa tentang perubahan wujud benda di Kelas V UPT SDN 9 Benteng Kabupaten Sidrap. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan proses dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization tentang perubahan wujud benda Kelas V UPT SDN 9 Benteng  Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pelaksanaan tindakan penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus diawali dengan kegiatan pra tindakan kemudian pada setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah seorang guru dan siswa kelas V UPT SDN 9 Benteng yang berjumlah 20 orang siswa terdiri dari  10 orang laki-laki dan 10 orang perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Berdasarkan data yang diperoleh hasil penelitian pada siklus I menunjukkan proses pembelajaran aktifitas guru berada pada kualifikasi cukup  (C) sebesar 71% dan aktifitas siswa berada pada kualifikasi cukup (C) sebesar 70,14% dan hasil tes belajar berada pada kualifikasi cukup (C) sebesar 60%, sedangkan pada siklus II hasil penelitian pada proses pembelajaran aktifitas guru meningkat menjadi kualifikasi baik (B) sebesar 95,23% dan aktifitas siswa dengan kualifikasi baik (B) sebesar 89,76% dan hasil tes belajar juga meningkat menjadi kualifikasi baik (B) sebesar 85%. Kesimpulan pada penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Asissted Individualization dapat meningkatkan proses dan hasil belajar tentang perubahan wujud benda siswa kelas V UPT SDN 9 Benteng Kabupaten Sidrap.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ambarawati, Desy. 2015. Metode Dahsyat Hafalan Kilat Kamus IPA Terpadu SD 4,5,6. Jakarta: Lembar Langit Indonesia.
Aqaib, Zainal, dan Chotibuddin. 2018. Teori Dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Yogyakarta: CV Budi Utama.
Arikunto, Suharmisi, Suhardjono, dan Supardi. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Asmawati. 2019. Meningkatkan Hasil Belajar IPA Di Kelas VI SD NEgeri 62/II Padang Lalang Dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Asissted Individualuzation). Jurnal Muara Pendidikan. Vol 4(1).
Darmadi. 2017. Pengembangan Model Dan Metode Pembelajaran Dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: CV. Rudi Utama.
Djamarah dan Aswan Zain. 2014. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Jakarta : PT Rineka Cipta.
Halik, Abdul, Ila Israwaty, dan Monalisa. 2019. Penerapan Metode Directed Reading Thingking Activity (DRTA) Untuk Meningkat Hasil Belajar Bahasa Indinesia Siswa Kelas V SDN 65 Parepare.” Jurnal Nalar Pendidikan. Vol 7(2).
Rukajat, Ajat. 2018. Pendekatan Penelitian Kualitatif (Qualitative Research Approach). Yogyakarta: CV Budi Utama.
Sinaga, Ida. 2021. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) Dalam Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Sd Pada Materi Konduktor Dan Isolator. Jurnal Pendidikan.Vol 2(1).
Suryati, Dewa Ayu Putu. 2019. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Untuk Meningkatakan Aktivitas Dan Prestasi Belajar IPA Pada Siswa Kelas VI SD Negeri 3 Penatih. Jurnal Pendidikan .Vol 2(2).
Published
2022-08-31
How to Cite
Nuraina, N., Muslimin, M., & Ilmi, N. (2022). Penerapan Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa tentang Perubahan Wujud Benda. Nubin Smart Journal, 2(3), 7-15. Retrieved from https://ojs.nubinsmart.id/index.php/nsj/article/view/47
Section
Articles