Pengaruh Penerapan Model Blended Learning terhadap Self-Efficacy dan Hasil Belajar Matematika
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah hasil belajar siswa yang rendah serta self-efficacy siswa yang rendah selama masa pembatasan proses tatap muka di sekolah. Model pembelajaran blended learning salah satu model pembelajaran yang menggabungkan antara model pembelajaran konvensional yang dilaksanakan secara tatap muka dengan pembelajaran berbasis dalam jaringan yang menggunakan berbagai bantuan perangkat teknologi. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif pre-eksperimental design yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan model blended learning dengan self-efficacy dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas IV SD Inpres Belaka Kabupaten Gowa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Inpres Belaka Kabupaten Gowa, sedangkan sampelnya dalah siswa kelas IVA dengan jumlah 22 orang yang terpilih melalui teknik pengambilan sampel simple random sampling. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial yang terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan paired sample t-test. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu proses pembelajaran model blended learning berlangsung secara efektif. Berdasarkan hasil penelitian dari hasil belajar dan self-efficacy yang meningkat dalam proses pembelajaran sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh dari penerapan model blended learning terhadap self-efficacy dan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Inpres Belaka Kabupaten Gowa.
Downloads
References
Abroto, A., Maemonah, M., & Ayu, N. P. (2021). Pengaruh Metode Blended Learning Dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu …, 3(5), 1993–2000. https://www.edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/703
Ermawati. (2019). Pengaruh PEembelajaran Times Games Tourment (TGT) Berbantuan Media Kartu Soal Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI MA Hikmatusysyarief Selat Narmada. المنهل.
Jumaini, J., Hertin, H. H., Nisfiyati, M., & Ibrahim, M. (2021). Penerapan Metode Pembelajaran Blended Learning dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Hasil Belajar Siswa: Sebuah Meta - Analisis. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 5(1), 48. https://doi.org/10.22373/jppm.v5i1.9805
Lidiawati, K. R., Sinaga, N., & Rebecca, I. (2020). Peranan efikasi diri dan intelegensi terhadap prestasi belajar pada mahasiswa di Universitas XYZ. Jurnal Psikologi Udayana, 7(2), 110–120. https://doi.org/10.24843/JPU.2020.v07.i02.p10
Mulyani, S., & Negeri Karangwuni, S. (2020). Navigation Physics Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Guna Meningkatkan Hasil Belajar IPA Di Masa Pandemi Covid 19. 84 Navigation Physics, 2(2), 84–89.
Ni’matul, K. M. L. (2017). Ni’matul, Khoiroh; Munoto; Lilik, A. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 10(2), 97–110. 97–110.
Ningtyas, M. (2014). Bab III - Metode Penelitian Metode Penelitian. Metode Penelitian, 32–41.
Nuraisyah, M., & Izzati, N. (2020). Self - Efficacy pada Hasil Belajar Peserta Didik Materi Bentuk Aljabar Madrasah Tsanawiyah Tanjungpinang. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 6(2), 100–108.
Riinawati, R. (2021). Hubungan Penggunaan Model Pembelajaran Blended Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3794–3801. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1083
Sumar, W. T. (2018). Implementasi Kompetensi Guru Mengelola Kurikulum K13 Dalam Pembelajaran Tematik Di Sdn Se Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo. Pedagogika, 9(1), 71–87. https://doi.org/10.37411/pedagogika.v9i1.28
Usmadi. (2020). Pengujian Persyaratan Analisis (Uji Homogenitas dan Uji Normalitas. Inovasi Pendidikan, 7(1), 50–62.
Wiliawanto, W., Bernard, M., Akbar, P., & Sugandi, A. I. (2019). Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Question Student Have Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematik Siswa SMK. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 139–148. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i1.86