Pengaruh Penerapan Model Auditory Intellectually Repetition (AIR) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa

  • Rahmawati Patta
  • Siti Raihan
  • Nurul Azmi
Keywords: auditory intellectually repetition (AIR, pemahaman konsep, matematika, sekolah dasar

Abstract

Kemampuan pemahaman konsep dibutuhkan sebagai kemampuan dasar siswa dalam melaksanakan pembelajaran. Rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematika akan berdampak pada ketercapaian pembelajaran. Tujuan penelitian ini, (1) mengetahui gambaran penerapan model auditory, intellectually, repetition (AIR) pada siswa kelas IV sekolah dasar, (2) mengetahui pemahaman konsep matematika siswa kelas IV pada materi sudut sebelum dan sesudah penerapan model auditory, intellectually, repetition (AIR), (3) mengetahui pengaruh penerapan model auditory, intellectually, repetition (AIR) terhadap pemahaman konsep matematika pada materi sudut siswa kelas IV sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimental design tipe nonequivalent control grup design.  Pemilihan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil analisis statistik inferensial menunjukkan bahwa kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal dan hasil uji hipotesis menunjukkan perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematika antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, dimana hasil analisis uji Independent sample t-test diperoleh Equal variances not assumed nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.000 < 0.05 berarti terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model auditory, intellectually, repetition (AIR) terhadap pemahaman konsep matematika materi sudut siswa pada kelas IV SD Negeri 066 Pekkabata Kecamatan Polewali Kabupaten Polewali Mandar. Berdasarkan hasil perhitungan uji N-Gain nilai rata-rata (mean) N-Gain pada kelas eksperimen nilai N-Gain 0.6448 < 0,70 sehingga termasuk dalam kategori sedang atau cukup efektif. Sedangkan nilai N-Gain kelas kontrol nilai N-Gain 0.3823 < 0,70, sehingga termasuk dalam kategori rendah atau tidak efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Elfachmi, A. K. (2016). Pengantar Pendidikan (A. Maulana & O. M. Dwiasari (ed.)). Penerbit Erlangga.

Fatimah, F., Patta, R., & Kadir, A. (2021). Hubungan Kecerdasan Intrapersonal dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Gugus II. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 5(3), 431–438. https://ojs.unm.ac.id/JIKAP/article/view/21864/11828#

Mustika, H., & Kinanti, N. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (Air) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Di Kelas VIII Smp Negeri 1 Pasir Penyu. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 3(2), 153–158. https://doi.org/10.30743/mes.v3i2.495

Nanang. (2021). Monograf Pengembangan Computer Assisted Instruction Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematik dan Karakter Mahasiswa. Zahira Media Publisher.https://books.google.co.id/books?id=DBktEAAAQBAJ

Purnomo, D. (2021). Pola dan Perubahan Metakognisi dalam Pemecahan Masalah Matematis. Media Nusa Creative (MNC Publishing).https://www.google.co.id/books/edition/Pola_dan_Perubahan_Metakognisi_dalam_Pem/_nNMEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1

Sarniah, S., Anwar, C., Wahyu, R., & Putra, Y. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(1), 87–96. https://doi.org/2549-5070

Siregar, H. L., Siregar, Y. P., & Hamkim, L. (2020). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. … Mathematic Education Journal …, 3(3), 42–49. https://doi.org/221-9832

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (26 ed.). Alfabeta.

Susanto, A. (2019). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar (2 ed.). Prenadaemdia Group.

Yuliani, Y. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Auditory, Intellectualy, dan Repitition (AIR) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matenatika Siswa Di Kelas Tinggi Sekolah Dasar. Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar, 2(1), 11. https://doi.org/10.33603/cjiipd.v2i1.2243.

Published
2022-05-30
How to Cite
Patta, R., Raihan, S., & Azmi, N. (2022). Pengaruh Penerapan Model Auditory Intellectually Repetition (AIR) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Nubin Smart Journal, 2(2), 51-67. Retrieved from https://ojs.nubinsmart.id/index.php/nsj/article/view/45
Section
Articles