Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Kognitif Reflektif Siswa Kelas V SD

  • Andan Kamaruddin Universitas Negeri Makassar
  • Andi Sulfa Widayanti Universitas Negeri Makassar
  • Makmur Nurdin Universitas Negeri Makassar
Keywords: Pemecahan Masalah, Matematika, Gaya Kognitif, Reflektif-Impulsif

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan tujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika ditinjau dari gaya kognitif reflektif-impulsif siswa kelas V SD Negeri 149 Amessangeng Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 149 Amessangeng. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan tes MFFT dan tes kemampuan pemecahan masalah matematika. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu 1) Reduksi data, 2) Tahap penyajian data, dan 3) Penarikan kesimpulan. Kesimpulan penelitian yaitu kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang memiliki gaya kognitif impulsif lebih rendah dibandingkan dengan siswa yang memiliki gaya kognitif reflektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aprilia, N.C. 2016. Proses Berpikir Siswa Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif dalam Memecahkan Masalah Matematika di Kelas VII SMPN 11 Jember.Skripsi. Jember: Universitas Jember, 6-24.

Azhil, I.M.. 2017. Profil Pemecahan Masalah Matematika Siswa Ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif. Journal Review Pembelajaran Matematika Vol.2(1): 60-68

Fadiana, M. 2016. Perbedaan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita antara Siswa Bergaya Kognitif Reflektif dan Impulsif.Journal of Research and Advances in Mathematics Education. 1(1), 79-89

Lestari, Y.D. 2012. Metakognisi Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Gaya Kognitif. Jurnal Unesa, 1(1), 71-74.

Marliani, N. 2015. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP).Jurnal Formatif. ISSN: 2088-351X, 8-12.

Nasradi, A. 2016. Berpikir Reflektif Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Perbedaan Gaya Kognitif. Prodi Pendidikan Matematika, STKIP Bina Bangsa Getsempena. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1): 15-26.

Supriadi, N. 2015. Pembelajaran Geometri Berbasis Geogebra Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs).Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika.Vol.6(2): 99-110.

Trapsilasiwi, D., Jhahro, K.F., & Setiawan, T.B. 2018. Pemahaman Konsep Siswa pada Pemecahan Masalah Soal Geometri Pokok Bahasan Segiempat Ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif-Impulsif Siswa. Jurnal. KadikmaA, Vol.9(1), 116-122

Published
2022-05-30
How to Cite
Kamaruddin, A., Widayanti, A. S., & Nurdin, M. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Kognitif Reflektif Siswa Kelas V SD. Nubin Smart Journal, 2(2), 34-42. Retrieved from https://ojs.nubinsmart.id/index.php/nsj/article/view/41
Section
Articles