Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Penggunaan Media Audio Visual Siswa SD Kelas IV

  • Nursyafika Ramadani Universitas Negeri Makassar
  • Rohana Rohana
  • Andi Dewi Riang Tati
Keywords: Media Audio Visual, Siswa, Hasil Belajar

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya Hasil Belajar siswa kelas IV UPT SDN No.191 Inpres Paku Kabupaten Takalar.  Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana meningkatkan hasil Belajar IPS Menggunakan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas IV UPT SDN No.191 Inpres Paku Kabupaten Takalar? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS menggunakan media audio visual pada siswa kelas IV UPT SDN No.191 Inpres Paku Kabupaten Takalar. Pendekatan yang dipilih dalam pelaksanaan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas kelas Kelas IV UPT SDN No.191 Inpres Paku Kabupaten Takalar. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil belajar siswa Kelas IV UPT SDN No.191 Inpres Paku Kabupaten Takalar pada siklus I belum berhasil dan dilanjutkan pada siklus II. Pada siklus II mengalami peningkatan dan dapat di kategorikan berhasil. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan media pembelajaran audio visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas IV UPT SDN No.191 Inpres Paku Kabupaten Takalar. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ainina, I. A. (2014). Pemanfaatan Media Audio Visual Sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah. Indonesian Journal of History Education, 3(1).
Arsyad, A. (2019). Media Pembelajaran Edisi ReVisi. Jakarta: Rajawali Pers.
Daryanto. (2016). Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: GaIVa Media.
Fahreza, F., & Husna, N. (2017). Pengaruh Strategi
Pembelajaran terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Negeri Paya Peunaga Kabupaten Aceh Barat.
Jurnal Bina Gogik, 4(2), 37–48.
http://www.ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/pgsd/ article/IView/11/10.
Hakim, L. (2016). Pemerataan akses pendidikan bagi rakyat sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 53–64.
http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/edutech/article/Vi ew/575
Ihsana, E. K. (2017). Belajar dan Pembelajaran Konsep Dasar, Metode dan Aplikasi Nilai-Nilai Spritualitas dalam proses pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Patmawati, D., Ws, R., & Halimah, M. (2018).
Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Hasil
Belajar Siswa Pada Materi Jenis-Jenis Pekerjaan Di Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2), 308– 316.
Rahma, F. I. (2019). (kajian terhadap Langkahlangkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran bagi Anak Sekolah Dasar). Jurnal Studi Islam, 14(2), 87–99.
Ruswandi. (2013). Psikologi Pembelajaran. Bandung: CV Cipta Pesona Sejahtera. Sadiman, A. S., Rahardjo, R., Haryono, A., & Harjito. (2018). Media Pendidikan. Depok: PT Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sulfemi, W. B., & Mayasari, N. (2019). Peranan Media
Audio VisualIValue Clarification Technique
Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips. Jurnal Pendidikan, 20(1), 53–68. https://doi.org/10.33830/jp.IV20i1.235.2019.
Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.
Syamsuddin,Rohana. 2021. Pengaruh Penggunaan
Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris Pada Siswa Kelas VII SMP 33 Universitas Negeri Malassar.
Tim Dosen Pengajar IPS. (2013). Pengembangan Bahan
Ajar Dan Media Ips Oleh : Tim Dosen Pendidikan Guru
Sekolah Dasar. UNIMED Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Yudianto, A. (2017). Penerapan Video Sebagai Media Pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan 2017, 234– 237.
Published
2021-12-06
How to Cite
Ramadani, N., Rohana, R., & Riang Tati, A. D. (2021). Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Penggunaan Media Audio Visual Siswa SD Kelas IV. Nubin Smart Journal, 1(1), 22-32. Retrieved from https://ojs.nubinsmart.id/index.php/nsj/article/view/4
Section
Articles