Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Kerjasama Siswa Kelas V SD
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui gambaran pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw kelas V di SD Inpres Minasa Upa 1 Kecamatan Rappocini Kota Makassar, (2) mengetahui gambaran partisipasi siswa dalam pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw kelas V di SD Inpres Minasa Upa 1 Kecamatan Rappocini Kota Makassar, (3) mengetahui perbedaan kerjasama siswa sebelum dan setelah pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw kelas V di SD Inpres Minasa Upa 1 Kecamatan Rappocini Kora Makassar. Jenis penelitian ini adalah true eksperimen. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah kerjasama siswa dan variabel bebas adalah model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V di SD Inpres Minasa Upa 1 yaitu berjumlah 62 siswa dengan jumlah sampel 60 yang terdiri dari 30 siswa kelas Va dan 30 siswa kelas Vb yang diambil secara porposive sampling. Untuk mengetahui hasil penelitian, peneliti menggunakan instrumen penelitian yaitu RPP (rencana pelaksanaan pembelajaran), lembar observasi, dan angket. Rata-rata tingkat kerjasama siswa setelah pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berada pada kategori tinggi yaitu memperoleh nilai rata-rata 89,47. Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap kerjasama siswa kelas V di SD Inpres Minasa Upa 1 diperoleh nilai signifikansinya 0,000 yang artinya lebih kecil dari 0,05, nilai ttabel 4,967 lebih besar dari thitung yaitu 2,042 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap kerjasama siswa kelas V di SD Inpres Minasa Upa 1.
Downloads
References
Ali, A. M. 2017. Pengaruh Pelaksanaan Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Pembelajaran IPS Siswa Kelas V SDN Sungguminasa 2 Kabupaten Gowa. Tesis. Tidak diterbitkan. Makassar: Program Pascasarjana UNM.
Aminah. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS pada Siswa Kelas V SD Inpres Kampus IKIP Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Tesis. Tidak diterbitkan. Makassar: Program Pascasarjana UNM.
Asmani, J. M. 2016. Tips Efektif Cooperative Learning Pembelajaran Aktif, Kreatif, dan Tidak Membosankan. Yogyakarta: Diva Press.
Creswell, J. W. 2009. Research Design Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan Mixed. Terjemahan oleh Fawaid, Achmad. 2010. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Darmada, O. S. dkk. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV DI SDN 1 dan 2 Rendang. Jurnal Pendidikan, (Online), (http://id.portalgaruda.org/?ref= browse&mod=viewarticle&article=1057 46, Diakses 13 Mei 2018).
Darmadi, H. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Fadillah, A. N. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) terhadap Kemampuan Bekerjasama Siswa Sekolah Dasar. Tesis. Tidak diterbitkan. Makassar: Program Pascasarjana UNM.
Hasan. 2010. Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara.
Huda, M. 2017. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Isjoni. 2016. Cooperative Leraning. Bandung: Alfabeta.
Ismiyatun. dkk. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas IV SD Inpres 2 Ambesia Kecamatan Tomini. Jurnal Pendidikan, (Online), Vol. 4, No. 6, (http://id.portalgaruda.org/?ref=browse&mod=viewarticle&article= 296159, Diakses 27 April 2018).
Johnson, E. B. 2002. Contextual Teaching and Learning Menjadikan Kegiatan Belajar-Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. Terjemahan oleh Alwasilah, Chaedar. 2007. Bandung: Mizan Media Utama.
Muhajir. 2018. Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran Problem Basic Intruction (PBI) terhadap Antusias Belajar IPA Siswa SD Inpres Lakiyung Kabupaten Gowa.Tesis. Tidak diterbitkan. Makassar: Program Pascasarjana UNM.
Nurjiono, E. 2017. Pengaruh Pelaksanaan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Bekerjasama Siswa SD Negeri 1 Amparita Kabupaten Sidendreng Rappang. Tesis. Tidak diterbitkan. Makassar: Program Pascasarjana UNM.
Purwaningsih, E. 2013. Implementasi Metode Firing Line untuk Meningkatkan Kerjasama Siswa Kelas VIII D dalam Pembelajaran IPS Di SMP Negeri 3 Depok Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi.Tidak diterbitkan: Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Universitas Negeri Yogyakarta.
Putra, A. 2017. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Pembelajaran PKn Siswa SDI Jongaya Makassar.Tesis. Tidak diterbitkan. Makassar: Program Pascasarjana UNM.
Ruandini, W. dkk. 2012. Peningkatan kemampuan kerjasama melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa SMP N 14 Purworejo tahun pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan, (Online), (http://id.portalgaruda.org /?ref=browse&mod=viewarticle&article=9382, Diakses 02 Mei 2018).
Rukmia. 2014. Meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam pembelajaran IPA materi pesawat sederhana di kelas V SDN No.1 Balukang II. Jurnal Pendidikan, (Online), Vol. 4, No. 1, (http://id.portalgaruda.org/?ref=browse&mod=viewarticle&article=2771 62, Diakses 27 April 2018).
Sadulloh, U. dkk. 2015. Pedagogik (Ilmu Mendidik). Bandung: Alfabeta.
Sagala, S. 2012. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Sharan, S. 2014. The Handbook Of Cooperative Learning Inovasi Pengajaran dan Pembelajaran untuk Mengacu Keberhasilan Siswa Di Kelas. Yogyakarta: Istana Media.
Slavin, R. E. 2010. Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
Suhardi. 2013. Peningkatan Partisipasi dan Kerjasama Siswa Menggunakan Model Kooperatif Tipe Jigsaw pada Materi Protozoa Kelas X SMAN Pengasih. Jurnal Pendidikan, (Online), (http://id.portalgaruda.org/?ref=browse&mod= viewarticle&article=2715 53, Diakses 02 Mei 2018).
Suprijono, A. 2016. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Syah, M. 2014. Psikologi Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.
Ummah, M. K. 2017. Pengaruh Pelaksanaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SD Inpres Kassi-Kassi Kota Makassar.Tesis. Tidak diterbitkan. Makassar: Program Pascasarjana UNM.
Widiana. dkk. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw 1 dengan Bantuan Media Konkret Terhadap Hasil Belajar IPA kelas V di SD Gugus XIV Kecamatan Buleleng tahun pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan, (Online), Vol. 3, No. 1, (http://id.portalgaruda.org/?ref= browse&mod=viewarticle&article=3464 50, Diakses 27 April 2018).
Yamin, M. 2008. Paradigma Pendidikan Kontruktivistik. Jakarta: GP Press.