INOVASI PEMBELAJARAN: MENGUPAS KEBUTUHAN E-MODUL FLIPBOOK UNTUK PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DI KELAS IV SD
Abstract
Dalam era globalisasi dan kemajuan teknologi, pendidikan dituntut untuk terus berinovasi guna memenuhi kebutuhan zaman. Salah satu aspek penting adalah pengembangan media pembelajaran yang efektif, seperti e-modul berbasis flipbook, yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan partisipasi siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif untuk menganalisis kebutuhan pengembangan e-modul berbasis flipbook dalam menunjang pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di kelas IV SD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru masih kurang terampil dalam mengembangkan bahan ajar yang bervariasi, dan pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran masih minim, menyebabkan penurunan partisipasi belajar siswa. Pengembangan e-modul berbasis flipbook diharapkan dapat meningkatkan keterampilan guru dalam menggunakan teknologi, memperkaya variasi bahan ajar, dan meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses belajar mengajar. Dengan demikian, e-modul berbasis flipbook menjadi solusi inovatif untuk menciptakan pembelajaran yang lebih menarik dan efektif, sesuai dengan kurikulum merdeka yang diterapkan di sekolah.
Downloads
References
Diani R., & Hartati NS. (2018). Flipbook Berbasis Literasi Islam: Pengembangan Media Pembelajaran Fisika dengan 3D Pageflip Professional. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(2):234–44.
Handiyani, M., & Muhtar, T. (2022). Mengembangkan Motivasi Belajar Siswa melalui Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi: Sebuah Kajian Pembelajaran dalam Perspektif Pedagogik-Filosofis. Jurnal Basicedu, 6(4), 5817–5826. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3116
Herwina, W. (2021). Optimalisasi Kebutuhan Murid Dan Hasil Belajar Dengan Pembelajaran Berdiferensiasi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 175–182. https://doi.org/10.21009/pip.352.10
Iriani, R., Herlina, A., Irhasyuarna, Y., & Sanjaya, R. E. (2019). Modul pembelajaran problem-based learning berbasis lahan basah untuk mempersiapkan calon pendidik berwawasan lingkungan lahan basah. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 5(1), 54–68. https://doi.org/10.21831/jipi.v5i1.23337 (Laili, 2019)
Junaidi. (2019). Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Pelatihan, 3(1), 45-56.
Marlina. (2019). Panduan Pelaksanaan Model Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif. Padang: PLB FIP UNP.
Nurmilah, N., Nana, & Sulistyaningsih, D. (2023). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Model Pembelajaran Poe2we Menggunakan Flipbook Maker Pada Materi Gelombang Bunyi Dan Cahaya. Jurnal Kumparan Fisika, 6(2), 107-118.
Pagarra, H., Syawaluddin, A., Krismanto, W., & Sayidiman. (2022). Media Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit UNM.
Purba, M., Purnamasari, N., Soetantyo, S., Suwarma, I. R., & Susanti, E. I. (2021). Prinsip Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi (Differentiated Instruction). Kementarian Pendidikan, Dan Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi.
Rosmana, P. S., Iskandar, S., Halimah, N. F., Salsabila, R. A., & Rohimah, R. (2023). Pengenalan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SD. Journal on Education, 5(2), 2796-2800.
Santoso, S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 12(2), 1-10.
Sapriyah. (2019). Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Vol. 2, No.1, 2019, hal. 470 - 477 p-ISSN 2620-9047, e-ISSN 2620-9071 470.
Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya media pembelajaran dalam proses belajar mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928-3936.