Implementasi Media Block Dienes dalam Meninggkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas II SDN 4 Baruppu

  • Nofri Nofri SDN 4 Baruppu
Keywords: block diens, hasil belajar matematika, siswa kelas II

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kasus yang bertujuan untuk mengetahui gambaran penggunaan media pembelajaran block dienes terhadap hasil belajar matematika siswa kelas II SDN 4 Baruppu Kabupaten Toraja Utara. Adapun subjek penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas II SDN 4 Baruppu Kabupaten Toraja Utara. Teknik pengumpulan data yaitu tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu yaitu anlisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan media block dienes pada kelas II SDN 4 Baruppu berlangsung secara efektif dimana hasil belajar siswa meningkat dari siklus I ke siklus II. Kesimpulan penelitian ini menunjukka bahwa terdapat penggunaan media block dienes dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas II SDN 4 Baruppu Kabupaten Toraja Utara.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ananda, R. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Materi Operasi Pengurangan Bilangan Cacah dengan Menggunakan Block dienes Siswa Kelas I SDN 016 Bangkinang Kota. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 1–11.
Arifin, Z. (2016). Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raya Grafindo Persada.
Jayanti, S. D. (2014). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Block Dienes terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa pada Pokok Bahasan Perkalian dan Pembagian. Skripsi. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Rohartati, S. (2017). Penerapan Media Keping Berwarna Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar (Studi Eksperimen pada Bilangan Bulat di Kelas IV SDN Sukasari Kec. Cipatat). Jurnal penjaminan mutu, 3(2), 138-147.
Runtukahu, J. T. (2014). Pembelajaran Matematika Dasar Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Yogyakarta: AR-Ruzz Media.
Sanjaya, W. (2012). Media komunikasi pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sundayana, R. (2013). Media Pembelajaran Matematika. Bandung. Alfabeta.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Yustiarso., & Wijaya, T. (2021). Panduan dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Noktah.
Published
2023-05-30
How to Cite
Nofri, N. (2023). Implementasi Media Block Dienes dalam Meninggkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas II SDN 4 Baruppu. Nubin Smart Journal, 3(2), 149-155. Retrieved from https://ojs.nubinsmart.id/index.php/nsj/article/view/279
Section
Articles