PENGGUNAAN METODE TUTOR SEABAYA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERMAIN ANSAMBEL PIANIKA PADA SISWA KELAS V UPT SFP SD NEGERI MINASA UPA

  • Sinar Sinar Universitas Negeri Makassar
  • Hikmawati Usman Universitas Negeri Makassar
  • Hotimah Hotimah
Keywords: metode tutor sebaya, keterampilan bermain ansambel pianika, siswa SD

Abstract

Penelitian ini memiliki latar belakang diantaranya melihat penggunaan metode tutor sebaya untuk meningkatkan keterampilan bermain ansambel pianika pada Siswa kelas V UPT SPF SD Negeri Minasa Upa Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan metode tutor sebaya untuk meningkatkan keterampilan bermain ansambel pianika pada Siswa kelas V UPT SPF SD Negeri Minasa Upa Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian Tindakan kelas (classroom action research) yang terdiri dari 4 kegiatan utama yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi. Fokus penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan bermain ansambel siswa kelas V. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V UPT SPF  SD Negeri Minasa Upa Kota Makassar. Pada semester ganjil tahun 2022/2023 yang berjumlah 28 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: wawancara, observasi, dokumentasi dan tes keterampilan siswa.Analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Metode tutor sebaya mampu meningkatkan keterampilan bermain ansambel menggunakan alat musik pianika 2) Metode tutor sebaya mampu mengefektifkan waktu pertemuan didalam kelas. Berdasarkan hasil penelitian yang disarankan agar para guru seni budaya menerapkan metode tutor sebaya dalam pembelajaran ansambel musik disekolah. Dengan menggunakan metode tutor sebaya siswa mampu meningkatkan hasil belajar bermain ansambel pianika. Peningkatan itu berada pada kategori sangat tinggi dan ketuntasan minimal siswa sudah tercapai. Berdasarkan kesimpulan dalam penilitian ini adalah,Penggunaan pembelajaran metode tutor sebaya dalam meningkatkan keterampilan bermain ansambel painika pada Siswa kelas V UPT SPF SD Negeri Minasa Upa Kota Makassar meningkat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Emzet, M. (2016). Pengaruh Tutor Sebaya Terhadap Kemampuan Santri Menghafal Teori Dasar Nahwu Sharraf di Pondok Pesantren Al-Bidayah Tegal Besar Jember Tahun 2015, Skripsi, IAIN Jember, Jember: 38
Febianti, Y.N. (2014). Peer Teaching (Tutor Sebaya) Sebagai Metode Pembelajaran Untuk Melatih Siswa Mengaja. Jurnal Edunomic, 2(2).
Juana, J. (2019). Meningkatkan Kemampuan Bermain Ansambel Musik Menggunakan Alat Musik Pianika Melalui Metode Tutor Sebaya Pada Siswa Kelas VIII SMP NEGERI 4 SUNGGUMINASA. Diss. Universitas Negeri Makassar. 24-25
Hamalik, O. (2017). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Henny, W. (2016) . Peningkatan Keterampilan Bermain Pianika Melalui Metode Tutor Sebaya. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(3), 227-234.
Purnomo, W., dan Subagyo, F. (2010). Terampil Bermusik untuk SMP dan MTs. Jakarta: Pusat Perbukuan Kementerian Pendidikan Nasional.
Kurniadi, Dedi, and Sukaresmi Cianjur.(2018). Meningkatkan Kemampuan Dan Kreatifitas Siswa Dalam Memainkan Musik Tradisional Melalui Metode Tutor Sebaya. Jurnal MAJI16.(1).
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Udara Bersih Bagi Kesehatan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Ngatmi. (2021) Penerapan Metode Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Ketrampilan Menggambar Pola Rumah Sederhana. NEM
Pratiwi, N.A. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Tari Dalam Pembelajaran Seni Budaya Dengan Metode Tutor Sebaya Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Tanete Rilau. Diss. Universitas Negeri Makassar
Salim, M. R., dan Ismail, J. (2019). Implementasi Nilai Budaya Lokal dalam Penguatan Pendidikan Karakter Siswa SMP di Kabupaten Pulau Morotai. Jurnal Mitra Pendidikan. JMP Online Vol. 3 No. 11 November (2019) 1409-1418.
Safari. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Jakarta Depdiknas, Depaartemen Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Mencegah Direktorat Tenaga Kependididikan.
Sawo, B, dkk. (2019). Perbandingan Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan Savi dan Stad pada Materi Bermain Alat Musik Melodis Pianika di Kelas IV SD Negeri 08 Mowila Kabupaten Konawe Selatan. Jurnal Pembelajaran Seni & Budaya. Vol. 4 No. 1 2019. e-ISSN: 2502-4191.
Susanto, A. (2019). Teori Belajar & Pembelajaran Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Sudjadmiko. (2020). Metode Tutor Sebaya (Peer Tutoring) dalam pembelajaran gambar Teknik di SMK. Indramayu. Adab.
Published
2023-12-09
How to Cite
Sinar, S., Usman, H., & Hotimah, H. (2023). PENGGUNAAN METODE TUTOR SEABAYA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERMAIN ANSAMBEL PIANIKA PADA SISWA KELAS V UPT SFP SD NEGERI MINASA UPA. Nubin Smart Journal, 3(4), 22-30. Retrieved from https://ojs.nubinsmart.id/index.php/nsj/article/view/274
Section
Articles