Penerapan Model Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS

  • Masnawati Masnawati SD Negeri Mangasa 1, Indonesia
Keywords: model pembelajaran kooperatif tipe STAD, hasil belajar, IPS

Abstract

Masalah yang ditemukan dalam penilitian ini adalah Penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar murid pada mata pelajaranIPS, sehingga penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPS dengan menerapkan Model Kooperatif tipe STAD Subjek penelitian ini adalah murid kelas V SDN Manga 1 kecamatan Somba Opu kabupaten Gowa sebanyak 40 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas  (Class Action Reserach) Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, setiap siklus terdiri atas komponen perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif Hasil yang diperoleh dari analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif adalah hasil belajar IPS murid kelas V SDN Mangasa I pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh berada pada kategori sedang yakni 53,33. Pada siklus II nilai rata-rata berada pada kategori sangat tinggi yakni 83,50.  Kesimpulan penelitian ini bahwa pembelajaran dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS murid kelas V SDN Mangasa 1 Kecasmatan  Somba Opu Kabupaten Gowa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anita, L. (2008). Cooperative Learning. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia

Elaine, B. (2002). Conextual Teaching and Learning What It is and Why It's Here to Stay. California Corwin PRESS.

Hamalik, O.(2001). Teknik Pengukuran dan Evaluasi Pendidikan. Bandung: Mandar Maju

Ibrahim, M. dkk. (2002). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya

Natawidjaja, R. (1985). Cara Belajar Murid Aktif dan Penerapannya dalam Metode Pembelajaran. Jakarta Direktorat Jenderal Dikdasmen Depdiknas.

Nasution, S. (1989). Didaktik Azas-azas Mengajar. Bandung: Jermnas.

Poerwadarminto, WJS. (1984). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Purwanto, N. (1992). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remadja Rosdakarya.

Sardiman. (2001). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Sudjana, N. (1991). Model-Model Mengajar CBSA Bandung: Sinar Baru

Theshims, M. (2000). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press Johnson

Wachidi. (2000). Inovasi Kurikulum Ilmu Pengetahuan Sosial SMP di Kota Bandung. Disertasi tidak diterbitkan PPS UPI Bandung.

Published
2023-05-30
How to Cite
Masnawati, M. (2023). Penerapan Model Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Nubin Smart Journal, 3(2), 138-148. Retrieved from https://ojs.nubinsmart.id/index.php/nsj/article/view/270
Section
Articles