Penerapan Model Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS
Abstract
Masalah yang ditemukan dalam penilitian ini adalah Penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar murid pada mata pelajaranIPS, sehingga penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPS dengan menerapkan Model Kooperatif tipe STAD Subjek penelitian ini adalah murid kelas V SDN Manga 1 kecamatan Somba Opu kabupaten Gowa sebanyak 40 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Class Action Reserach) Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, setiap siklus terdiri atas komponen perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif Hasil yang diperoleh dari analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif adalah hasil belajar IPS murid kelas V SDN Mangasa I pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh berada pada kategori sedang yakni 53,33. Pada siklus II nilai rata-rata berada pada kategori sangat tinggi yakni 83,50. Kesimpulan penelitian ini bahwa pembelajaran dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS murid kelas V SDN Mangasa 1 Kecasmatan Somba Opu Kabupaten Gowa.
Downloads
References
Anita, L. (2008). Cooperative Learning. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia
Elaine, B. (2002). Conextual Teaching and Learning What It is and Why It's Here to Stay. California Corwin PRESS.
Hamalik, O.(2001). Teknik Pengukuran dan Evaluasi Pendidikan. Bandung: Mandar Maju
Ibrahim, M. dkk. (2002). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya
Natawidjaja, R. (1985). Cara Belajar Murid Aktif dan Penerapannya dalam Metode Pembelajaran. Jakarta Direktorat Jenderal Dikdasmen Depdiknas.
Nasution, S. (1989). Didaktik Azas-azas Mengajar. Bandung: Jermnas.
Poerwadarminto, WJS. (1984). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Purwanto, N. (1992). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remadja Rosdakarya.
Sardiman. (2001). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.
Sudjana, N. (1991). Model-Model Mengajar CBSA Bandung: Sinar Baru
Theshims, M. (2000). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press Johnson
Wachidi. (2000). Inovasi Kurikulum Ilmu Pengetahuan Sosial SMP di Kota Bandung. Disertasi tidak diterbitkan PPS UPI Bandung.