Hubungan Minat Belajar dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri di Kelurahan Ujung Lare Kota Parepare
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif jenis korelasional yang bertujuan untuk mengetahui gambaran prestasi belajar matematika serta adanya hubungan antara minat belajar dengan prestasi belajar matematika siswa SD Negeri di Kelurahan Ujung Lare Kota Parepare. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri di Kelurahan Ujung Lare Kota Parepare yang berjumlah 117 orang, sedangkan sampel pada penelitian ini sebanyak 90 orang dengan teknik pengambilan sampel yaitu proporsional random sampling. Data hasil penelitian diperoleh dengan membagikan angket minat belajar serta prestasi belajar yang diperoleh melalui guru kelas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji korelasi Product Moment. Berdasarkan hasil analisis deskriptif diperoleh minat belajar matematika siswa berada pada kategori cukup dengan persentase 35,56% dan prestasi belajar matematika siswa berada pada kategori baik dengan persentase 47,48%. Hasil analisis data koefisien korelasi linear diperoleh (rxy) = 0,893 dan thitung = 18,641, serta p-value = 0,001 atau H0 ditolak, yang berarti bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat belajar dengan prestasi belajar siswa dengan kategori tinggi.
Downloads
References
Awe, E. Y. & K. B. (2017). Hubungan antara Minat dan Motivasi. Journal of Education Technology, 1 (4)(2017), 231–238.
Dedi, R., Darsono., & Nazaruddin, W. (2017). Hubungan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(4).
Handayani, S. (2016). Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Minat Belajar Matematika terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2).
Kholisyoh, S. A., Benedictus, K., & Tri, A. A. (2020). Hubungan Minat Belajar, Perhatian Orang Tua, dan Persepsi terhadap Matematika dengan Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2).
Mukhid, A. (2021). Metodologi Penelitian Pendekatan Kuantitatif. Surabaya: CV. Jakad Media Publishing.
Nurhasanah, Siti & A. Sobandi. (2016). Minat Belajar sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran 1 (1).
Nureva, S. M. (2019). Hubungan antara Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SDN 3 Jatimulyo. 3 (6), 1322–1331.
Pasinggi, Y.S., & Zainal, Z. (2017). Pendidikan Matematika II Bangun Datar, Bangun Ruang, dan Pengukuran. Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.
Pusat Penilaian Pendidikan, 2018.
Saputra, N., Luvy, S. Z., Ega, G., Jahring., Ali, R., & Ardian, A. (2021). Penelitian Tindakan Kelas. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Sirait, E. D. (2016). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif, 6(1).
Zainal, Z. (2017). Pendekatan Matematika Realistik (PMR) dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 17 Parepare. Jurnal Publikasi Pendidikan, 7(1).
Zulaikha, S., Pasinggi, Y. S., & Nurjannah. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 1(1).