Pengembangan Media Berbasis Android pada Tema Peduli terhadap Makhluk Hidup untuk Siswa Kelas IV SD

  • Nisrina Salam Universitas Negeri Makassar
  • Hotimah Hotimah Universitas Negeri Makassar
  • Ahmad Syawaludin Universitas Negeri Makassar
Keywords: media pembelajaran berbasis android, tema peduli terhadap makhluk hidup, siswa SD

Abstract

Saat ini kita tengah berada di era society 5.0, era dimana manusia merupakan pusat teknologi. Untuk itu, perlu untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan teknologi saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis android pada Tema Peduli terhadap Mahluk Hidup yang layak untuk siswa kelas IV SD dan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis android pada Tema Peduli terhadap Mahluk Hidup untuk siswa kelas IV SD. Produk yang dihasilkan pada penelitian ini, yaitu media pembelajaran berbasis android. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Alessi & Trollip.  Pengembangan ini melalui tiga tahap, yaitu (a) perencanaan, (b) perancangan, (c) pengembangan.  Produk yang dikembangkan telah melalui uji alpha dan uji beta. Uji alpha dilakukan oleh 1 orang ahli media dan materi. Uji beta dilakukan oleh pengguna yang merupakan 12 siswa dan 2 guru SD Inpres BTN. IKIP I Makassar.  Instrumen yang digunakan untuk mengetahui kelayakan produk, merupakan instrumen penilaian yang dikembangkan berdasarkan 3 macam kelayakan, yaitu praktis, teknis dan biaya. Instrumen penilaian tersebut, diberikan kepada ahli media, ahli materi dan pengguna. Dimana nilai akhir yang diperoleh dari ahli media ditinjau dari aspek pemograman dan tampilan, yaitu sebesar 90,62% dengan kategori sangat layak. nilai akhir yang diperoleh dari ahli materi ditinjau dari aspek pembelajaran dan isi, yaitu sebesar 90,51% dengan kategori sangat layak. Nilai akhir yang diperoleh dari siswa dan guru sebagai pengguna, yaitu sebesar 94,01% dan 92,7% dengan kategori sangat layak. Berdasarkan penilaian tersebut, dapat disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan ini sangat layak digunakan untuk siswa kelas IV SD.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alessi, S. M. & S. R. T. (2001). Multimedia for Learning: Methods and Development. Massachusetts: A Pearson Education Company.
Budiman, H. (2017). Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 31. https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i1.2095
Damayanti, D., & Magdalena, I. (2021). Jago Mendesain Pembelajaran. Tangerang: Guepedia.
Hotimah., Ulyawati., & Raihan, S. (2020). Pendekatan Heutagogi dalam Pembelajaran di Era Society 5.0. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2), 152–159.
Juanda, A. (2019). Pembelajaran Kurikulum Tematik Terpadu. Teori dan praktik Pembelajara Tematik Terpadu Beroientasi Landasan Filosofis, Psikologis dan Pedagogis.
Khaerati, & Syam, S. (2020). Pengembangan Media Handout Berbasis Gambar pada Mata Kuliah Morfologi Tumbuhan untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa Pendidikan Biologi. Jurnal Celebes Biodiversita, 3(2), 30–39. Retrieved from http://ojs.stkippi.ac.id/index.php/CB
Mais, A. (2016). Media Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus. Jember: CV. Pustaka Abadi.
Majelis Permusyawaratan Rakyat. (2000). UUD Negara RI Tahun 1945 (pp. 1–28). pp. 1–28. Retrieved from https://www.mkri.id/index.php?page=web.PeraturanPIH&id=1&menu=6&status=1
Mohammad Fahmi Nugraha. (2020). Pengantar Pendidikan dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Tasikmalaya: Edu Publisher.
Murdri, M. W. (2010). Kompetensi dan Peranan Guru dalam Pembelajaran. Falasifa, 1 No.1, 111–124.
Nastiti, F., & Abdu, A. (2020). Kajian: Kesiapan Pendidikan Indonesia Menghadapi Era Society 5.0. Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(1), 61–66. https://doi.org/10.17977/um039v5i12020p061
Novitasani, L., & Handoyo, P. (2016). Perubahan Gaya Hidup Konsumtif pada Mahasiswa Urban di UNESA. Paradigma, 02(chapt 1), 7.
Nulhakim, A. L. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Belajar Matematis Siswa SMA. Seminar Nasional Riset Dan Teknologi (SEMNAS RISTEK) 2020, 4(1), 361–366. Retrieved from http://www.proceeding.unindra.ac.id/index.php/semnasristek/article/view/3730
Nuraida, D., & Nisa, U. M. (2017). Pengembangan Ensiklopedia Morfologi, Anatomi dan Fisiologi pada Tumbuhan Berkarakter Khusus. Proceeding Biology Education Conference, 14(1), 503–507. Retrieved from https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/view/18484/14658
Pentury, H. J. (2017). Pengembangan Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Kreatif Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Ilmu Kependidikan, 4(3), 265–272.
Primadini, F., Nadiroh, Edwita, & Lamria. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran dan Kemandirian Belajar terhadap Keterampilan Proses IPA di Sekolah Dasar. 281–293.
Robert Heinich, Michael Molenda, J. D. R. (2002). Instructional Media and Technologies for Learnning. Upper Saddle River: Pearson Education.
Senn, J. A. (1997). Analysis and Design of Information System (kedua McGr).
Setyosari, P. (2017). Menciptakan Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian dan Riset dalam Teknologi Pembelajaran, 1(5), 20–30. https://doi.org/10.17977/um031v1i12014p020
Smaldino, S. E., Lowther, D. L., & Russell, J. D. (2017). Instructional Technology and Media for Learning. Jakarta: Kencana.
Suhartono. (2019). Handphone sebagai Media Pembelajaran (S. S. Wahyuningsih, Ed.). Tangerang Selatan: Indocamp.
Surjono, H. D. (2017). Multimedia Pembelajaran Interaktif Konsep dan Pengembangan. Yogyakarta: UNY Press.
Sutiah. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.
Suwandi, E., Imansyah, F. H., & Dasril, H. (2018). Analisis Tingkat Kepuasan Menggunakan Skala Likert pada Layanan Speedy yang Bermigrasi ke Indihome. Jurnal Teknik Elektro, 11.
Teguh Wibawanto. (2019). Media Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.
Wibawanto, W. (2017). Desain dan Pemrograman Multimedia Membelajaran Interktif. Jember: Penerbit Cerdas Ulet dan Kreatif.
Yektyastuti, R., & Ikhsan, J. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Materi Kelarutan untuk Meningkatkan Performa Akademik Peserta Didik SMA Developing Android-Based Instructional Media of Solubility to Improve Academic Performance of High School Students. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(1), 88–99.
Published
2022-02-28
How to Cite
Salam, N., Hotimah, H., & Syawaludin, A. (2022). Pengembangan Media Berbasis Android pada Tema Peduli terhadap Makhluk Hidup untuk Siswa Kelas IV SD. Nubin Smart Journal, 2(1), 1-18. Retrieved from https://ojs.nubinsmart.id/index.php/nsj/article/view/26
Section
Articles