Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Civic Skill Peserta Didik
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Project Based Learning (PjBL) untuk meningkatkan civic skill peserta didik pada pembelajaran PKn kelas V SD Negeri Center Malakaji Kecamatan Tompobulu Kabupaten Gowa dengan penerapan model pembelaaran Project Based Learning (PjBL). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif atau Qualitative Research, dengan jenis Penelitian Tindakan kelas (PTK) Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing terdiri dari dua pertemuan dengan tahapan kegiatan meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas V SD Negeri Center Malakaji yang berjumlah 22 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui lembar observasi guru dan peserta didik, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah Teknik analisis data yang digunakan adalah kulitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian yang dilakukan melalui penerapan Model Project Based Learning (PjBL) dalam meningkatkan civic skill peserta didik kelas V SD Negeri Center Malakaji pada siklus I berada pada kategori belum tuntas, dan pada siklus ll mengalami peningkatan yaitu berada pada kategori. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan civic skill peserta didik kelas V SD Negeri Center Malakaji.
Downloads
References
Asyafah, A. (2019). Menimbang Model Pembelajaran (Kajian Teoretis-Kritis atas Model Pembelajaran dalam Pendidikan Islam). In TARBAWY: Indonesian Journal of Islamic Education (Vol. 6, Issue 1). Online. http://ejournal.upi.edu/index.php/tarbawy/index
Charli, L., Ariani, T., & Asmara, L. (2019). Hubungan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Fisika. Science and Physics Education Journal (SPEJ), 2(2), 52–60. https://doi.org/10.31539/spej.v2i2.727
Fiantika, F. R. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif (Issue March).
Hulu, J. R., & Bawamenewi, A. (2022). Strategi Guru Menanamkan Civic Skills Siswa Pada Pembelajaran PKn. 1(1), 263–270.
Jumiyanto, D. (2022). Penggunaan Metode Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Smk Perindustrian Yogyakarta. 36–42.
Melinda, V., & Zainil, M. (2020). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar ( Studi Literatur ). Jurnal Pendidikan Tambusai, 4, 1526–1539. https://jptam.org/index.php/jptam/article/download/618/545
Mutawally, A. F. (2021). Pengembangan Model Project Based Learning Dalam Pembelajaran Sejarah Pembahasan Landasan Filosofis dan Teoritis Project. 1–6.
Niswara, R., Muhajir, M., & Untari, M. F. A. (2019). Pengaruh model project based learning terhadap high order thinking skill. Mimbar PGSD Undiksha, 7(2), 85–90.
Nugraha, W. S. (2018). Penguasaan Konsep IPA Siswa SD Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning. 10(2), 115–127.
Nurgiansah, T. H., Pratama, F. F., & Iman Nurchotimah, A. S. (2021). Penelitian Tindakan Kelas Dalam Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan PKN (Pancasila Dan Kewarganegaraan), 2(1), 10. https://doi.org/10.26418/jppkn.v2i1.41752
Tatap, P., Di, M., Pandemi, M., Smk, P., & Tagari, K. (2021). Perencanaan pelaksanaan pembelajaran tatap muka di masa pandemi pada smk kristen tagari 1. 10(02).
Tri Widodo, S. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran Project Citizen Berorientasi Civic Knowledge, Civic Disposition, dan Civic Skill Sebagai Inovasi dalam Mata Kuliah Pendidikan PKn SD. 23–36.
Sri, A., Dan, N., & Harianti, D. (n.d.). Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL).
Yani, A., Hukum Tata, J., Uin, N., & Makassar, A. (n.d.). Pendidikan Kewarganegaraan.
Novita Sari, D. H., Mahfud, H., & Saputri, D. Y. (n.d.). Kemampuan Berpikir Kritis Materi Hak dan Kewajiban pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaran Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar.
Khairina. (2020). Pengaruh model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pkn Kelas V di SD Swasta Pesantren Modern Adnan Kecamatan Medan Sunggal.