Analisis Masalah Penggunaan Tongkat Pada Mahasiswa Tunanetra Dalam Melakukan Orientasi dan Mobilitas di Lingkungan Kampus

  • Nova May Christie Universitas Negeri Makassar
  • Usman Usman Universitas Negeri Makassar
  • Syamsuddin Syamsuddin Universitas Negeri Makassar
Keywords: Penggunaan Tongkat, Orientasi dan Mobilitas, Tunanetra

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : Bagaimanakah masalah penggunaan tongkat pada mahasiswa tunanetra dalam melakukan orientasi dan mobilitas di lingkungan kampus Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah : Untuk mengetahui dan menguraikan masalah-masalah penggunaan tongkat pada mahasiswa tunanetra dalam melakukan orientasi dan mobilitas di lingkungan kampus Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan catatan lapangan. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 orang mahasiswa tunanetra yang menggunakan tongkat dan masih aktif kuliah pada jurusan Pendidikan Khusus, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar pada saat penelitian ini dilaksanakan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ditemukan masalah-masalah penggunaan tongkat yang dialami mahasiswa tunanetra ketika berorientasi dan mobilitas di lingkungan kampus Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah yang dihadapi meliputi kesulitan dalam memposisikan tongkat sesuai jalur yang ada, tidak dapat menggunakan teknik perlindungan diri, serta tidak dapat menggunakan teknik menelusuri yang baik untuk mengetahui posisi dan tujuannya. Masalah ini disebabkan oleh kurangnya teknik yang baik dalam penggunaan tongkat dan kondisi lingkungan kampus yang tidak memadai.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alifah, S. (2019). Pengembangan bakat dan kemandirian siswa difabel di panti asuhan tunanetra aisyiah terpadu ponorogo. 76.

Ardhi, W. (2013). Seluk Beluk Tunanetra. Yogyakarta: Java Litera.

Azzahro & Kurniadi, A. & D. U. P. (2022). Penggunaan Tongkat pad Siswa Tunanetra SMALB dalam Melakukan Mobilitas. 18, 19–25. http://ejournal.ust.ac.id/index.php/JIMB_ekonomi

Deshpande, N. (2019). Effectiveness of Trailing Technique Training on the Long Cane Skills of Individuals Who are Blind. Indian

Evans, J. R. (2004). Trailing Technique for Independent Travel with the Long Cane: A Systematic Review. British Journal of Visual Impairment, 22(3), 97-105.

Fajar, Lukman, Zajidah, U. N. M. (2023). Analisis Kesiapan Guru Dalam Merancang Pembelajaran Pada. 3(1), 22–36.

Kavak, S. (2017). Effectiveness of Trailing Technique Training on the Long Cane Skills of Individuals Who are Blind. International Journal of Humanities and Social Science Research, 6(2), 21-28.

Khamil, A., & Sapandi, M. (2018). Orientasi dan mobilitas tunanetra. Pustaka Belajar.

Kosasih, E. (2012). Cara Bijak Memahami Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung : Yrama Widya.

Kurniawati, R. (2018). Analisis kesulitan mahasiswa tunanetra dalam penggunaan tongkat di lingkungan kampus. Jurnal Pendidikan Luar Biasa, 5(1), 69-76.

Lexy J. Moleong; . (2007). Metodologi penelitian kualitatif edisi revisi / . Bandung : Remaja Rosdakarya

Masyita. (2022). Analisis Tindak Tutur Direktif Mahasiswa Akper Yapenas 21 Maros Dalam Berbahasa Indonesia. Nubin Smart Journal, 2(2), 26–33.

Munawar, M., & Suwandi, A. (2013). Mengenal dan memahami Orientasi dan Mobilitas. Jakarta: Pt. Luxima Metro Media.

Purba, R. (2019). Analisis Penggunaan Tongkat Pada Mahasiswa Tunanetra Dalam Orientasi Dan Mobilitas Di Lingkungan Kampus. Jurnal Pendidikan Luar Biasa, 5(2), 81-92.

Rahmawati, R. Y., & Sunandar, A. (2018). Peningkatan Keterampilan Orientasi dan Mobilitas melalui Penggunaan Tongkat bagi Penyandang Tunanetra. Jurnal ORTOPEDAGOGIA, 4(2), 100–103. https://doi.org/10.17977/um031v4i12018p100

Sari, Elok Kusuma. 2015. Perbandingan kepercayaan diri anak tunanetra saat berpergian dengan pendamping awas dan penggunaan tongkat pada mata pelajaran orientasi & mobilitas untuk siswa kelas III di SLB A YKAB Surakarta. Skripsi. Surakarta: Universitas Sebelas Maret

Satria, R., & Puspitasari, D. (2017). Pemanfaatan teknik sapu dan jentik dalam penggunaan tongkat oleh mahasiswa tunanetra. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 4(1), 1-6.

Surono, K. A. (2018). Penanaman Karakter Dan Rasa Nasionalisme Pada Kegiatan Ektrakurikuler Pramuka Di Smp N 4 Singorojo Kabupaten Kendal. Indonesian Journal of Conservation, 6(1), 23–30. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/ijc/article/view/12527

Utomo, & Muniroh, N. (2020). Keterampilan Orientasi Mobilitas (OM) Bagi Tunanetra.

Zamili, M. (2015). Menghindar Dari Bias Dalam Kesahihan Riset. Jurnal Lisan Al Hal, 7(2), 302. https://journal.ibrahimy.ac.id/index.php/lisanalhal/article/view/97/84

Published
2023-05-30
How to Cite
Christie, N., Usman, U., & Syamsuddin, S. (2023). Analisis Masalah Penggunaan Tongkat Pada Mahasiswa Tunanetra Dalam Melakukan Orientasi dan Mobilitas di Lingkungan Kampus. Nubin Smart Journal, 3(2), 71-84. Retrieved from https://ojs.nubinsmart.id/index.php/nsj/article/view/244
Section
Articles