Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Penggunaan Papan Flanel Pelangi Pada Murid Tunagrahita Ringan Kelas II

  • Putri Nabila Bambang Universitas Negeri Makassar
  • Usman Usman Universitas Negeri Makassar
  • Mustafa Mustafa Universitas Negeri Makassar
Keywords: kemampuan membaca permulaan, media papan flanel, anak tunagrahita

Abstract

Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Bahasa Indonesia pada kompetensi Membaca Permulaan Murid Tunagrahita Ringan di kelas II SLB Negeri 1 Barru. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah kemampuan membaca permulaan pada murid tunagrahita ringan kelas II DI SLB Negeri 1 Barru melalui papan flanel pelangi. Berdasarkan pada rumusan masalah, maka tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan membaca permulaan pada murid tunagrahita ringan kelas II dengan papan flanel pelangi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, yaitu untuk mendeskripsikan kemampuan membaca permulaan sebelum dan setelah penggunaan papan flanel pelangi pada murid tunagrahita ringan di kelas II. Teknik pengumpulan data adalah tes perbuatan, adapun responden dalam penelitian ini murid tunagrahita ringan kelas II yang berjumlah 1 orang. Teknik analisis data ialah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan 1) Kemampuan membaca permulaan pada murid tunagrahita ringan sebelum menggunakan papan flanel pelangi berada dikategori sangat rendah, 2) Kemampuan membaca permulaan pada murid tunagrahita ringan setelah menggunakan papan flanel pelangi berada kategori sangat tinggi, 3) Terjadi peningkatan kemampuan membaca permulaan setelah penggunaan  media papan flanel pelangi pada murid tunagrahita ringan kelas II di SLB Negeri 1 Barru dari kategori sangat rendah meningkat ke kategori sangat tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amalia, R., & Kurniawan, A. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Membaca Permulaan pada Siswa Tunagrahita Ringan. Jurnal ORTOPEDAGOGIA, 7(2), 140-143.

American Psychiatric Association. (2013). Diagnostic and statistical manual of mental disorder edition “DSM-5”. Washinton DC: American Psychiatric Publishing.

Amin, M. (1995). Ortopedagogik Anak Tunagrahita. Bandung: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pendidikan Tenaga Guru.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Direktorat Ketenagaan

Awalia, H. R. (2016). Studi deskriptif kemampuan interaksi sosial Anak Tunagrahita ringan. Jurnal Pendidikan Khusus, 9(1).

Creswell W. John. (2013). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dalman. (2014). Keterampilan Membaca. PT. Rajagarfindo Persada.

Fristoni, M. (2013). Penggunaan Media Papan Flanel Untuk Meningkatkan Proses Pembelajaran Tematik Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 1-11

Hallahan, D.P. & Kauffman, J.M. (2006). Exceptional learnel introduction to special education. New York: PERSON

Herlina, E. S. (2019). Membaca Permulaan Untuk Anak Usia Dini Dalam Era Pendidikan 4.0. JURNAL PIONIR, 5(4).

Heward, W., Morgan, A., & Konrad, M. 2017. Exceptional Children An Introduction to Special Education. Jepang. The oiho state university.

Ismet, S. (2020). Manfaat Kartu Angka Papan Flanel dalam Menstimulasi Kemampuan Berhitung Anak di Taman Kanak-kanak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 3316-3322

(Istikhomah), N. 2017. Retardasi Mental (Tunagrahita).

Kosasih, E. (2012). Cara bijak memahami anak berkebutuhan khusus. Bandung : Yrama Widya

Mangunsong, Frieda. (2014). Psikologi Dan Pendidikan Anak Anak Berkebutuhan Khusus. Jilid kesatu. Depok: LPSP3 UI

Mile, N. (2016). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Pembelajaran Konstruktivisme Dan Penggunaan Papan Flanel di Kelas I SD Negeri 1 Palu. Jurnal Kreatif Online, 4(4).

Mumpuniarti. (2007). Pembelajaran Akamedik Bagi Tunagrahita. Yogyakarta: FIP UNY

Puspitorini, T. D. (2018). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Penggunaan Media Papan Flanel Pada Anak Kelompok B TK Negeri Pembina Kecamatan Taman Kota Madiun. Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education), 5(2), 41-51.

Rukajat, Ajat. (2018). Pendekatan Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Deepublish

Sari, S. F. M., Binahayati, B., & Taftazani, B. M. (2017). Pendidikan bagi anak tuna grahita (Studi kasus tunagrahita sedang di SLB N Purwakarta). Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2).

Soemantri, S. (2018). Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: Refika Aditama

Sukiman. (2011). Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

Sukmadinata, N. S. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Published
2023-05-30
How to Cite
Bambang, P., Usman, U., & Mustafa, M. (2023). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Penggunaan Papan Flanel Pelangi Pada Murid Tunagrahita Ringan Kelas II. Nubin Smart Journal, 3(2), 85-97. Retrieved from https://ojs.nubinsmart.id/index.php/nsj/article/view/242
Section
Articles