Peningkatan Keterampilan Creambath Melalui Penerapan Teknik Modelling Siswa Tunagrahita di SLB Negeri 2 Makassar

  • Amalia Aqmarina Lailani Universitas Negeri Makassar
  • Usman Usman Universitas Negeri Makassar
  • Dwiyatmi Suasminah Universitas Negeri Makassar
Keywords: kemampuan keterampilan creambath, teknik modelling, tunagrahita

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari bagaimana siswa tunagrahita menggunakan keterampilan Creambath sebelum menggunakan teknik Modeling, setelah pendekatan Modeling digunakan, siswa  untuk memanfaatkan keterampilan Creambath, menerapkan teknik modelling untuk mendapatkan gambaran umum bagaimana membantu siswa tunagrahita meningkatkan keterampilan Creambath.  Terkhusunya pada siswa tunagrahita di SLB Negeri 2 Makassar. Berdasarkan temuan penelitian, jumlah siswa tunagrahita di SLB Negeri 2 Makassar meningkat sejak teknik modelling digunakan. Sebelumnya, siswa hanya mampu melakukan 2 langkah creambath dengan benar. Siswa kemudian berhasil melakukan 7 fase keterampilan Creambath setelah menggunakan teknik modelling. Untuk mengklasifikasikan keterampilan Creambath siswa sebagai mampu.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Aziz, S. (2015). Pendidikan Seks Anak Berkebutuhan Khusus (Vol. 30). Yogyakarta: Gava Media.

Heward, W. L., Alber-Morgan, S., & Konrad, M. (2017). Revel for Exceptional Children: An Introduction to Special Education with Loose-Leaf Version. New York: Pearson Education.

Jaya, H. (2017). Keterampilan Vokasional bagi Anak Berkebutuhan Khusus Perawatan dan Perbaikan Alat Elektronika. Universitas Negeri Makassar.

Mangunsong, F. (2014). Psikologi dan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Depok: LPSP3 UI.

Ningsih, E. F. (2015). Teknik Modeling Berbasis Tari Ganggiring Modifikasi terhadap Kemampuan Sensomotorik pada Anak Cerebral Palsy. Jurnal Pendidikan Khusus, 7(4).

Nursalim, M. (2013). Pengembangan Media Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Akamedia.

Purwanta, E. (2012). Modifikasi Perilaku. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rostamailis, H., & Yanita, M. (2008). Tata Kecantikan Rambut (Jilid 2). Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Pembinaan Sekolah Menegah Kejuruan, Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Runtukahu, J. T. (2013). Analisis Perilaku Terapan untuk Guru. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Soemantri, S. (2012). Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: Refika Aditama.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumanto, M. A. (2014). Teori dan Aplikasi Metode Penelitian. Yogyakarta: CAPS (Center of Academic Publishing Service).

Susanti, A. R. (2013). Penerapan Konseling Kelompok dengan Strategi Modeling Simbolis untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Layanan Informasi. Universitas Negeri Surabaya.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Usman, I., Puluhulawa, M., & Smith, M. Bin. (2017). Teknik Modeling Simbolis dalam Layanan Bimbingan dan Konseling. Proceeding Seminar Dan Lokakarya Nasional Bimbingan Dan Konseling 2017, 84–92.

Zaini, H., Munthe, B., & Aryani, S. A. (2008). Strategi Pembelajaran Aktif (Vol. 89). Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

Published
2023-05-30
How to Cite
Lailani, A., Usman, U., & Suasminah, D. (2023). Peningkatan Keterampilan Creambath Melalui Penerapan Teknik Modelling Siswa Tunagrahita di SLB Negeri 2 Makassar. Nubin Smart Journal, 3(2), 60-70. Retrieved from https://ojs.nubinsmart.id/index.php/nsj/article/view/232
Section
Articles