Penggunaan Media Animal Card Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Kalimat Sederhana Pada Murid Tunagrahita Kelas V SLB
Abstract
Penelitian ini menganalisis kemampuan menulis kalimat sederhana siswa kelas V tunagrahita ringan di SLB Toabo dengan tujuan mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan menulis kalimat sederhana siswa tunagrahita ringan sebelum perlakuan, saat perlakuan dan setelah diberikan perlakuan menggunakan media animal card. Subjek dalam penelitian ini yaitu salah seorang siswa tunagrahita ringan dari kelas V dengan inisial nama AY. Metode Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A digunakan untuk penyelidikan ini. Statistik deskriptif dan representasi bentuk grafik digunakan untuk menganalisis data yang dikumpulkan. Hasil penelitian menemukan bahwa kemampuan anak kelas V dalam menulis kalimat sederhana tidak meningkat dengan penggunaan media animal card. Hal ini disebabkan beberapa faktor yakni waktu pemberian perlakuan yang singkat, pengulangan soal tes pada murid atau karena permasalahan yang dialami murid telah berubah.
Downloads
References
Abdurrahman, M. (2003). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Abdullah, N. (2013). Mengenal Anak Berkebutuhan Khusus. Magistra, 25(86), 1–10.
Agustini, M. (2013). Pengaruh Media Kartu Kata Bergambar untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Kata pada Anak Tunagrahita Ringan: Penelitian Eksperimen dengan Desain Single Subject Research pada Anak Tunagrahita Ringan Kelas IV di SLB-B/C Bina Mandiri Bogor. Universitas Pendidikan Indonesia.
Amin. M. (1995). Ortopedagogik Anak Tunagrahita. Depertemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.
Amka. (2020). Manajemen Pendidikan Khusus. Nizamia Learning Center, 186.
Arifani, G. I., Mulyana, E. H., & Sumardi, S. (2020). Pengembangan Media Permainan Sains Feed The Zoo Animal Berbantu Flash Card Untuk Memfasilitasi Kemampuan Mengenal Huruf. Jurnal PAUD Agapedia, 4(1), 71–84. https://doi.org/10.17509/jpa.v4i1.27199
Dimyati & Mudjino. 2006. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta:PT Rineka Cipt
Fadul Febiana. (2019). Desk Reverence To The Diagnostick Criteria From DSM-5. American Psychiatric Association Publishing.
Gaes Yunianti. (2018). Pemanfaantan Media Animal Card Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Kalimat Sederhana Siswa Tunagrahita Ringan Kelas III SDLB Sumber Dharma Kota Malang. Jurnal Pendidikan Khusus.
Ghufron, S., Toha, A. I., Markub, M., & Nafiah, N. (2020). Pembelajaran Menulis Kata dengan Media Kartu Kata Bergambar Pada Anak Tunagrahita Ringan. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(2), 66. https://doi.org/10.30651/else.v4i2.4493
Isroniyadi, & Masitoh, S. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Visual Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Permulaan Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Pendidikan Khusus, 16(2), 1–8. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/38/article/view/36617%0Ahttps://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/38/article/viewFile/36617/32575
Jennah, R. (2009). Media Pembelajaran. In Media Pembelajaran.
Kumullah, R., Yulianto, A., & Ida, I. (2019). Peningkatan Membaca Permulaan Melalui Media Flash Card pada Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 7(2), 36–42. https://doi.org/10.36232/pendidikan.v7i2.301
Mangunsong. (2014). Psikologi Dan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Edisi Kedua. Depok:LPSP3 UI.
Maimunah, M. (2016). Metode Penggunaan Media Pembelajaran. Al-Afkar : Jurnal Keislaman & Peradaban, 5(1). https://doi.org/10.28944/afkar.v5i1.107
Masithah, S. (2022). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Cerita Bergambar Pada Anak Tunagrahita Ringan Kelas Viii Di Slb-C Ypplb. Masithah, 0–18. http://eprints.unm.ac.id/22346/%0Ahttp://eprints.unm.ac.id/22346/1/SRI Abdiningsih Masithah_1545041003.pdf
Mulyono Abdurrahman. (1994). Psikologi Luar Biasa Umum. Jakarta: Depdikbud Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Proyek Pendidikan Tenaga Akademik
Oktavia, Y., Wulandari, A., Safiul, U., Yudi, U., & Harsono, T. (2013). Effect of the use Flashcard as a Media toward Writing Ability for Students with Intellectual Disability (Penggunaan Kartu Huruf untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan Siswa Tunagrahita). Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Luar Biasa, 2(2), 67–70.
Pratama, R. B. (2019). Metodologi Penelitian. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 28–55.
Purnamasari, P,.& Soendari, T. (2018). Metode Vakt Untuk Pembelajaran Membaca Permulaan Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Jassi_annaku, 19(1), 25–31.
Sanusi, R., Dianasari, E. L., Khairiyah, K. Y., & Chairudin, R. (2020). Pengembangan Flashcard Berbasis Karakter Hewan untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Pendidikan Edutama, 7(2), 37. https://doi.org/10.30734/jpe.v7i2.745
Silalahi, U. (2018). Metodologi Analisis Data Dan Intepretasi Hasil Untuk Penelitian Sosial Kuantitatif. Journal Manajemen, 341.
Sumanto, J., Takeuchi, K., & Nakata, H. (2005). Pengantar Penelitian Dengan Subyek Tunggal. CRICED University of Tsukuba, 1–150.
Suryanto, E., Purwadi, P., & Waluyo, B. (2017). Faktor Pemengaruh Dan Pemecahannya Dalam Pembelajaran Membaca-Menulis Permulaan. RETORIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 8(2). https://doi.org/10.26858/retorika.v8i2.3622
Wardani, dkk. 2011. Pengantar Pendidikan Luar Biasa. Jakarta: Universitas Terbuka
Wahyuni, K. (2020). Desain Guided Inquiry Dipadukan Dengan Picture And Picture Menggunakan Animal Card Untuk Meningkatkan Kreativitas.