Pembelajaran Berbasis Masalah Versus Pembelajaran Berbasis Project
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kembali keefektifan model pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran berbasis project terhadap hasil belajar matematika. Metode yang di gunakan pada penelitian ini adalah meta analisi secara analisis deskriptif kualitatif, yaitu dengan menganalisis atau mereview kembali artikel dari hasil-hasil penelitian yang telah dipublikasikan dengan sampel sebanyak 17 artikel nasional dan dapat di akses secara online melalui google scholar yang telah diterbitkan pada 2013-2020. Hasil dari penelitian meta analisis ini menunjukkan jika model pembelajaran berbasisis project sangat berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa dengan presentase terendah 4,59% sampai yang tertinggi mencapai 15,89%. Berdasarkan dari hasil meta analisi menunjukkan juga jika model pembelajaran berbasis masalah dan pemebelajaran berbasis project memberikan pengaruh yang besar terdapat hasil belajar matematika jika dilihat melalui effect size dari segi jenjang pendidikan dengan mendapatkan rata-rata sebanyak 9,79%. Sehingga dapat di tarik kesimpulan jika model pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran berbasis project sangat efektif digunakan dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Downloads
References
Abidin, Z. (2020). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Masalah, Pembelajaran Berbasis Proyek Literasi, Dan Pembelajaran Inkuiri Dalam Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis. Profesi Pendidikan Dasar, 7(1), 37–52. https://doi.org/10.23917/ppd.v7i1.10736
Aldila, S., & Mukhaiyar, R. (2020). Efektivitas model pembelajaran problem based learning pada mata pelajaran dasar listrik dan elektronika di kelas X SMK Negeri 1 Bukittinnggi. Ranah Research: Journal of Multidicsiplinary Research and Development, 2(2), 51–57. https://jurnal.ranahresearch.com/index.php/R2J/article/view/233
Nurmantoro, M. A., Kamali, A. S., Sutarba, M. U., & Hernawan, I. (2022). Apakah Pembelajaran Berbasis Proyek dan Berbasis Masalah dapat Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Madrasah? Gema …, 13(1), 304–311. https://gemawiralodra.unwir.ac.id/index.php/gemawiralodra/article/view/219%0Ahttps://gemawiralodra.unwir.ac.id/index.php/gemawiralodra/article/download/219/197
Quratun, A., & Nasution, M. Y. (2016). Perbandingan Hasil Belajar Siswa yang Diajarkan Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri dan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Materi Pokok Sistem Sirkulasi Kelas XI MAS PPMDH TPI MEDAN TP. 2015/ 2016. 4(1), 7–17.
Surya, A. P., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kreatifitas Siswa Kelas III SD Negeri Sidorejo Lor 01 Salatiga. Jurnal Pesona Dasar, 6(1), 41–54. https://doi.org/10.24815/pear.v6i1.10703