Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran IPS

  • Gladies Lembo SD Gmist Antiokhia Kiawang
Keywords: kemampuan berpikir kritis, IPS, model problem based learning.

Abstract

Gladies Lembo. 2022.  “Penerapan Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelaajran IPS Kelas IV SD Gmist Antiokhia Kiawang Kecamatan Siau Barat Utara Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro”.

Penelitian ini menelaah terkait Penerapan model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPS Kelas IV SD Gmist Antiokhia Kiawang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPS Kelas IV SD Gmist Antiokhia Kiawang Kecamatan Siau Barat Utara Kabupaten Kepulauan Siau tagulandang Biaro. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Gmist Antiokhia Kiawang Kecamatan Siau Barat Utara Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang terdiri dari 2 siklus setiap siklus dilaksanakan sebanyak 4 kali pertemuan. Prosedur penelitian meliputi Perencanaan, Pelaksanaan tindakan, Observasi, dan Refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Gmist Antiokhia Kiawang Kecamatan Siau Barat Utara, Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro sebanyak 16 siswa  dan terdiri dari 10 orang laki-laki dan 6 orang perempuan. Dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi siswa untuk memudahkan pengamatan. Jenis data yang diperoleh adalah data kuantitatif yang diperoleh dari lembar observasi peserta didik untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa pada model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I yang tuntas secara individual dari 11 siswa hanya 6 siswa atau 37% yang memenuhi kriteria kemampuan berpikir kritis atau berada pada kategori kurang kritis, secara klasikal belum terpenuhi karena nilai rata-rata diperoleh sebesar 60. Sedangkan pada siklus II dimana dari 16 siswa terdapat 14 siswa atau 88% telah memenuhi kriteria berpikir kritis dan secara klasikal sudah terpenuhi yaitu nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 80 atau berada dalam kategori sangat kritis. Berdasarkan hasil penelitian tersebut di atas, dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPS pada siswa kelas IV SD Gmist Antiokhia Kiawang Kecamatan Siau Barat Utara Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro melalui model Problem Based Learning (PBL) mengalami peningkatan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anugraheni, I. (2018). Meta Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam meningkatkan Keterampilan Berpikir di Sekolah Dasar. A Journal of Language, Literature, Culture, and Education POLYGLOT. 14(1), 9-18.

Ariani, R. F. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD Pada Muatan IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(3), 422–432. https://doi.org/10.23887/jipp.v4i3.28165

Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2006). Penelitian Tindakan Kelas Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Christina, L. V., & Kristin, F. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Tipe Group Investigation (GI) dan Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dalam Meningkatkan Kreativitas Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas 4. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(3), 217–230. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i3.p217-230

Helmon, Arno. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar. 2 (1), 38-52.

Rusman. (2016). Model-model Pembelajaran. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada

Sugiyono. (2017). Model Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Published
2022-05-30
How to Cite
Lembo, G. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran IPS. Nubin Smart Journal, 2(2), 144-154. Retrieved from https://ojs.nubinsmart.id/index.php/nsj/article/view/227
Section
Articles