Pengaruh Penerapan Metode Resitasi terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV di Kabupaten Barru
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif true experimental design yang bertujuan: (a) untuk mengetahui bagaimana gambaran penerapan metode resitasi terhadap hasil belajar matematika untuk siswa kelas IV UPTD SDN 72 Barru. (b) untuk mengetahui bagaimana gambaran hasil belajar matematika dengan penerapan metode resitasi siswa kelas IV di UPTD SDN 72 Barru. (c) untuk mengetahui apakah ada pengaruh penerapan metode resitasi terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari hasil belajar siswa kelas IV UPTD SDN 72 Barru. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penerapan metode resitasi sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar matematika siswa pada materi pokok pecahan senilai. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di UPTD SDN 72 Barru sebanyak 2 kelas, sedangkan sampelnya adalah kelas IV B sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 20 orang dan kelas IV A sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 20 orang. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan lembar observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis datanya adalah kuantitatif, dihitung dengan menggunakan rumus statistik dengan cara menghitung nilai rata-rata dan menghitung persentase nilai siswa. Berdasarkan hasil analisis penelitian, gambaran penerapan metode resitasi pada hasil belajar matematika siswa kelas IV di UPTD SDN 72 Barru mengalami perubahan dibanding hasil belajar pada kelas kontrol. Sehingga, Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara penerapan metode resitasi terhadap hasil belajar siswa kelas IV di UPTD SDN 72 Barru melalui tiga proses pengujian, yaitu melalui uji normalitas dengan menggunakan uji Kolmogorof-Smirnov, uji homogenitas dengan menggunakan uji Levene’s, dan uji hipotesis dengan menggunakan uji Independent Sample T-Test. Adapun hasil yang diperoleh signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas IV di UPTD SDN 72 Barru.
Kata Kunci: Metode resitasi, hasil belajar, pecahan senilai.
Downloads
References
Melati, R. (2019). Pengaruh Metode Resitasi terhadap Hasil Belajar Siswa.
Ramdani, A. (2018). Pengaruh Metode Resitasi terhadap Hasil Belajar Matematika ditinjau dari Motivasi Berprestasi Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri Gowa Kabupaten Gowa, 1-97.
Reza, M. (2021). Metode Pembelajaran. Kelebihan dan Kekurangan Metode/ Tehnik Tugas dan Resitasi.
Rohana. (2020). Developing English Learning Material Using Implementation of Cooperative Learning Type Group Investigation Model. Developing English Learning Material Using.
Sabina Ndiung, M. J. (2020). Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran. Pengembangan Instrumen Tes Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Sekolah Dasar Berorientasi pada Berpikir Tingkat Tinggi.
Setiyowati, H. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika Kompetensi Dasar Operasi Hitung Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat melalui Media Benda Kongkret pada Siswa Kelas IV.
Hidayat, T., Rohana, AP, Nurfaizah. (2021). Pengaruh Pembelajaran dari Rumah terhadap di Available online at: https://ojs.nubinsmart.id/index.php/nsj hidup dan sepanjang hidup kita ( Mudyahardjo, 2013: 3 ). pendidikan adalah semua pengalaman. Pengaruh Pembelajaran dari Rumah terhadap Motivasi Belajar di masa Pandemi Covid_19.
Warsita, B. (2018). Teori Belajar Robert M. Gagne dan Implikasinya, 1-15.
ZL Hariyati, Rohana, Alimuddin Mahmud. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Available online at: https://ojs.nubinsmart.id/index.php/nsj. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Kerjasama Siswa Kelas V SD.