Pengaruh Teknik Latihan Graphomotor Terhadap Peningkatan Kemampuan Menulis Permulaan Siswa Kelas I SD
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis permulaan, gambaran penerapan teknik latihan graphomotor pada muatan pembelajaran Bahasa Indonesia kelas I di SD Negeri 196 Kasisi kecamatan Curio kabupaten Enrekang dan mengetahui pengaruh peningkatan kemampuan menulis permulaan melalui teknik latihan graphomotor pada muatan pembelajaran Bahasa Indonesia kelas I di SD Negeri 196 Kasisi kecamatan Curio kabupaten Enrekang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu pre-experimental dan menggunakan pendekatan One-group Pre-test Post-test design. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu teknik latihan graphomotor, sedangkan variabel terikat yaitu peningkatan kemampuan menulis permulaan. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas I SD Negari 196 Kasisi dengan jumlah siswa 13 orang. Data Hasil penelitian berdasarkan lembar observasi terdapat pada kategori sangat baik sehingga terlaksananya pembelajaran sesuai yang diharapkan, hal ini terlihat disetiap pemberian Treatment. Analisis data diperoleh dengan memberikan Pre-Test dan Post-Test. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif diperoleh nilai rata-rata (mean) pretest sebesar 68.46 sedangkan nilai rata-rata (mean) posttest sebesar 82.69. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan setelah penerapan teknik latihan graphomotor dalam meningkatkan kemampuan menulis permulaan siswa pada muatan bahasa indonesia. Berdasarkan statistik inferensial menggunakan uji paired sample t- test sebesar 0,001 lebih kecil dari 0,05 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan teknik latihan graphomotor berpengaruh signifikan terhadap kemampuan menulis permulaan siswa pada muatan bahasa indonesia kelas I di SD Negeri 196 Kasisi.
Downloads
References
Fawcett, A. J. (2021). Physical Activity with Eduball Stimulates Graphomotor Skills in Primary School Students. Psychology, 3 (2) 2-7. https://Doi.Org/10.3389/Fpsyg.2021.614138
Eka, Subyantoro, B. M. (2018). Pengembangan Buku Pengayaan Keterampilan Menulis Permulaan Yang Bermuatan Nilai Karakter Pada Peserta Didik Kelas I SD. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(1), 23-24.
Kanza, M., Hosnan, M., & Suparno. (2021). Studi Pelaksanaan Kegiatan Pembelajaran Paikem pada Siswa Kelas II di SDN Seroja. Pendidikan. 10(3), 689-701.
Nadziroh, Chairiyah, P. W. (2018). Hak Warga Negara dalam Memperoleh Pendidikan Dasar. Pendidikan Dasar di Indonesia, 4(3), 400–401.
Putra, P. G. N., Japa, I. G. N., & Yasa, L. P. Y. (2021). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Permulaan Melalui Model Pembelajaran Quantum. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(3), 374-379.
Rahmiati, Firman, & Ahmad, R. (2021). Implementasi Pendidikan Sebagai Hak Asasi Manusia. Pendidikan, 5(3), 101-104.
Saleh, H. M., & Suhardiabdullah. (2020). Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Tentang Menulis Permulaan Dengan Menggunakan Media Kartu Kata Pada Siswa Kelas Sdn Bajo. Jurnal Bilingual, 10(2), 18-23.
Seyll, L., & Content, A. (2020). Human Movement Science. Human Movement Science, 72, 2-8. Https://Doi.Org/10.1016/J.Humov.2020.102662
Suttrisno & Puspitasari, Hesti. (2021). Pengembangan Buku Ajar Bahasa Indonesia Membaca Dan Menulis Permulaan (Mmp) Untuk Siswa Kelas Awal. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 8 (2), 83 – 88.
Zulkifli, M. (2020). Analisis Data Kuantitatif “Efekitivitas Metode Graphomotor Terhadap Kemampuan Menulis Peserta Didik” Muh. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 106-108.