Penerapan Metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) Terhadap Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas II SD

  • Muh. Nur Qalbi Universitas Negeri Makassar
  • Nur Abidah Idrus Universitas Negeri Makassar
  • Lutfi B. Universitas Negeri Makassar
Keywords: metode SAS, keterampilan membaca permulaan, siswa SD

Abstract

Metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) dalam peningkatan membaca permulaan di Kelas II Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan  mendeskripsikan: langkah-langkah metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) yang dapat meningkatkan membaca permulaan dan peningkatan keterampilan membaca permulaan siswa kelas II SD Inpres Kaili. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasilnya meliputi: penggunaan langkah-langkah metode SAS dapat berjalan dengan baik dan meningkatkan membaca permulaan siswa kelas II SD Inpres Kaili. Dalam menggunakan metode ini, kualitas proses pembelajaran mengalami peningkatan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa  metode SAS dapat diterapkan dalam pembelajaran di sekolah khususnya di kelas awal untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan pada siswa kelas II SD Inpres Kaili. Pembelajaran membaca dengan menggunakan metode SAS telah dilaksanakan dengan baik. Siswa terlibat secara aktif membaca dan mengikuti arahan dan bimbingan dari guru

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akhadiah, Sabarti, Arsjad, M. G., & Ridwan, S. H. (2012). Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Arikunto, S. (2015). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara.
Depdiknas. (2012). Pengelolaan Program Belajar BERMUTU. Direktorat Pembinaan Pendidikan dan Pelatihan-Dirjen Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Pendidikan-Departemen Pendidikan Nasional
Jauharoti, A. (2018). Bahasa Indonesia. Jakarta: LAPIS
Kadir, D. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan pada Siswa Kelas 1 SDN 05 Wanggarasi Tahun 2014/2015 Melalui Media Gambar. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 5(2), 93–102
Kurniasih, I., & Sani, B. (2016). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Kata Pena.
Mariyana, R. (2013). Pengelolaan Lingkungan Belajar. Jakarta: Kencana.

Utami, V. S. P. (2020). Pengaruh Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) terhadap Keterampilan Membaca Permulaan pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 1 Di SD Negeri 101 Kota Bengkulu. IAIN Bengkulu.
Utamiasih, N. N. S. (2020). Penerapan Metode SAS Berbantuan Kartu Huruf Berwarna untuk Meningkatkan Hasil Belajar Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD Negeri 8 Ababi. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 40– 48.
Yanuarsari, R., Octrianty, E., & Al Afgani, S. N. (2020). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia Dini Melalui Metode Bermain Menggunakan Media Papan Flanel. E-Prosiding Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo, 55–60.
Published
2023-05-30
How to Cite
Qalbi, M., Idrus, N., & B., L. (2023). Penerapan Metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) Terhadap Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas II SD. Nubin Smart Journal, 3(2), 1-7. Retrieved from https://ojs.nubinsmart.id/index.php/nsj/article/view/221
Section
Articles