Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Terhadap Keterampilan Menyimak Dongeng Siswa Kelas II
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan menyimak dongeng siswa yang terlihat pada muatan pembelajaran bahasa Indonesia kelas II di SD Inpres Biringkaloro Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan. Beranjak dari masalah tersebut, maka tujuan penelitian adalah untuk mengetahui: (1) Gambaran penerapan media pembelajaran audio visual terhadap keterampian menyimak dongeng. (2) gambaran keterampilan menyimak dongeng pada muatan bahasa indonesia sebelum dan setelah penggunaan media audio visual. (3) pengaruh penggunaan media audio visual terhadap keterampilan menyimak dongeng pada siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pre-experiment dengan desain one-group pretest-posttest design. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II yang berjumlah 23 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah Sampling jenuh dengan jumlah sampel yakni 23 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan melakukan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik infrensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran audio visual memberikan pengaruh positif terhadap keterampilan menyimak dongeng siswa,Terlihat adanya peningkatan keterampilan menyimak dongeng pada siswa sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran audio visual. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran audio visual berpengaruh terhadap keterampilan menyimak dongeng siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia.
Downloads
References
Ihsana, E. K. (2017). Belajar dan Pembelajaran Konsep Dasar, Metode dan Aplikasi Nilai-Nilai Spiritualitas dalam Proses Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Indri. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Inpres Toddopuli I Kecamatan Panakkukang Kota Makassar. Skripsi.
Rahma, F. I. (2019). Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran bagi Anak Sekolah Dasar. Jurnal Studi Islam, 14(2), 87–99.
Rusman. (2016). Pembelajaran Tematik Terpadu Teori, Praktik dan Penilaian. Jakarta: Rajawali.
Sadiman, A.S. (2018). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.
Tarigan, H. G. (2018). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Citra Umbara.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005. Guru dan Dosen. Bandung: Citra Umbara.