Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token Terhadap Hasil Keterampilan Berbicara Siswa
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh signifikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe time token terhadap hasil keterampilan berbicara siswa kelas IV SDN 6 Kesu' Kabupaten Toraja Utara. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran time token, sedangkan variabel terikatya adalah hasil keterampilan menulis karangan eksposisi siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dan menggunakan jenis penelitian One Group Pretest-Postest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 6 Kesu' Kabupaten Toraja Utara tahun pelajaran 2020-2021 sebanyak 23 orang. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan non probability sampling jenuh. Data yang dikumpulkan menggunakan instrument penelitian berupa lembar observasi, tes hasil keterampilan berbicara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada pengujian hipotesis yaitu Independent Sample T-Test dengan bantuan perhitungan SPSS 23.0. hasil pengukuran hasil keterampilan berbicara siswa membandingkan hasil pretest dan posttest dengan menerapkan model pembelajaran time token menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran time token memiliki pengaaruh yang signifikan terhaadap keterampilan berbicara siswa kelas IV SDN 6 Kesu' Kabupaten Toraja Utara.
Downloads
References
Harsono., & Haryanto. (2013). Ragam Model Pembelajaran untuk Peningkatan. Profesionalitas Guru. Jakarta: Kata Pena.
Huda. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Musabah. (2012). Keterampilan Dasar Berbahasa. Surabaya: Pustaka
Nurgiantoro. (2012). Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE.
Pamungkas. (2012). Pembelajaran Bahasa Indonesia Apresiasi Sastra di Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 23 tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Kelulusan.
Prayogo, Imam. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Time Token Terhadap Aktivitas Belajar Sejarah Siswa Kelas X. PESAGI, Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah. 2(2).
Rofiuddin Ahmad dan Zuhdi Darmiati. 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.
Saddhono., & Slamet. (2014). Pengaruh Pembelajaran Time Token Berbantuan Gambar Berseri terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V SD Gugus I Gianyar. Ejournal Undiksha 1(1), 1-14.
Sugiono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tarigan. (2015). Berbicara sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Wahyuni, Z., & Rintayani. (2013). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum. 2013. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media.