Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar siswa di kelas III SD Inpres Nafri Kota Jayapura, Papua. Hasil belajar yang rendah menunjukkan bahwa kualitas pembelajaran yang juga masih rendah sehingga perlu ditingkatkan, salah satunya yaitu dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe scramble. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang diaksanakan selama 2 siklus, dimana pada tiap siklus itu terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanan tindakan, observasi dan refleksi. Kemudian teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan soal tes (pretest dan posttest), observasi, dan dokumentasi. Adapun analisis penelitian menggunakan rata-rata hitung. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe scramble berhasil memecahkan masalah pembelajaran yaitu dengan ditunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran dari siklus I ke siklus II. Hasil belajar pada siklus I rata-rata nilai 72,5 atau 73,53% tingkat ketuntasan dan meningkat signifikan menjadi 80,88 pada siklus II atau mencapai 85,29%. Hal ini mengalami peningkatan sebesar 11,76%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperati tipe scramble dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD Inpres Nafri Kota Jayapura, Papua.
Downloads
References
Aqib, Z. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.
Huda, M. (2017). Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran Isu-Isu Metodis dan Paradikmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Komara, E. 2016. Belajar dan Pembelajaran Interaktif. Bandung: Refika Aditama.
Magdalena, I., Rosnaningsih, A., Akbar, M., & Situmorang, R. 2019. Evaluasi Program Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Dasar Wilayah Kota dan Kabupaten Tangerang. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(2), 19, 2477-2143, 2548-6950.
Mappasoro. (2013). Evaluasi Pengajaran. Makassar: FIP UNM.
Shoimin, A. (2014). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Solihatin, E., & Raharjo. (2012). Cooperative Learning: Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta: Bumi Aksara.
Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.