Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV Melalui Penerapan Pedekatan Matematika Realistik (PMR)

  • Ice Majaga SDN 9 Sopai, Indonesia
Keywords: hasil belajar, matematika, pendekatan matematika realistik

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan penerapan Pendekatan Matematika Realistik dalam meningkatkan hasil belajar kelas IV SDN 9 Sopai Kabupaten Toraja Utara. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan siklus meliputi yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan Pendekatan Matematika Realistik dan hasil belajar matematika. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN 9 Sopai Kabupaten Toraja Utara dengan jumlah siswa 16 orang terdiri dari 13 orang laki-laki dan 3 orang perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan pembelajaran, baik pada aktivitas guru dan siswa maupun hasil belajar siswa yakni pada pencapaian siklus I, aktivitas guru berada pada kategori cukup sedangkan aktivitas siswa berada pada kategori cukup dan pada siklus II aktivitas guru berada pada kategori baik dan aktivitas siswa berada pada kategori baik. Hasil belajar siklus I berada pada kategori cukup sedangkan pada siklus II berada pada kategori baik. Peningkatan itu dilihat dari setiap siklus. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan menerapkan pendekatan matematika realistik hasil belajar siswa kelas IV SDN 9 Sopai Kabupaten Toraja Utara pada mata pelajaran matematika mengalami peningkatan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aqib, Z., & Murtadlo, A. (2016). Kumpulan Metode Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. Bandung: Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Hadi, S. (2017). Pendidikan Matematika Realistik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Muchlis, E. E. (2012). Pengaruh pendekatan pendidikan matematika realistik indonesia (PMRI) terhadap perkembangan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas II SD Kartika 1.10 Padang. Vol 10 No (2)

Saefudin, A. A, dkk. (2017). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Srandakan. Vol. 5 No 2

Susanto, A. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Suprihatiningrum, J. (2017). Strategi Pembelajaran, Teori dan Aplikasi. Jakarta: Ar-Ruzz Media.

Soviawati, E. (2011). Pendekatan Matematika Realistik (PMR) untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Siswa Di Tingkat Sekolah Dasar. Volume 2 No 2.

Rusman. (2015). Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Rusman. (2016). Model-Model Pembelejaran Mengembangkan Profesionalisme Guru.Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Tampubolon, S. M. (2014) Penelitian Tindakan Kelas Untuk Pengembangan Profesi Pendidik Dan Keilmuan. Jakarta: Erlangga.

Published
2021-12-07
How to Cite
Majaga, I. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV Melalui Penerapan Pedekatan Matematika Realistik (PMR). Nubin Smart Journal, 1(1), 210-217. Retrieved from https://ojs.nubinsmart.id/index.php/nsj/article/view/212
Section
Articles