Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya minat belajar siswa yang terlihat pada mata pelajatan PKn Kelas V SD Negeri Sipala I Makassar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas V SD Negeri Sipala I Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berdaur ulang/siklus yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan hasil belajar siswa. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri Sipala I Makassar dengan jumlah siswa 26 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan dalam pembelajaran baik pada aktivitas guru dan siswa maupun hasil belajar siswa. Kesimpulan penelitian ini yaitu aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa terjadi peningkatan, hasil belajar siswa pada siklus I masih berada pada kategori tidak tuntas sedangkan pada siklus II hasil belajar siswa sudah meningkat berada pada kategori tuntas dan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dalam mata pelajaran PKn dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD SD Negeri Sipala I Makassar.
Downloads
References
Arikunto, S., & Supardi. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Isjoni. (2013). Pembelajaran Kooperatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Putra, A. M. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Sekolah Dasar. Surabaya: CV. Jakad Media Publishing.
Putranto, R. (2012). Skripsi "Peningkatan Hasil Belajar IPS dengan Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Siswa Kelas IV SDN Mojosari 03 Puger-Jember Tahun Pelajaran 2011-2012. Universitas Jember.
Sugiyono, P. D. (2014). Metode Penilitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Tirtoni, F. (2016). Pembelajaran PKn Di Sekolah Dasar. Yogyakarta: CV. Buku Baik Yogyakarta.
Utariasih., Jampel., & Murda. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Bermediakan Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V. Journal of Education Technology. Vol. 2 (3). 120-127.