Studi Literatur: Bagaimana Instagram Menjadi Media Pembelajaran SD
Abstract
Teknologi baru memiliki potensi untuk mengubah pengajaran. Bersama dengan itu, teknologi juga dapat mengubah pengembangan profesional guru. Platform media sosial telah mengambil peran penting dalam pendidikan. penggunaan teknologi berbasis web memungkinkan kesempatan untuk belajar kapan saja, mandiri, dan sesuai dengan kebutuhan. Pertumbuhan media sosial telah mendorong munculnya gerakan guru untuk mulai mengembangkan pembelajaran profesional mereka secara online dan mandiri. Adapun contoh social media yang sering digunakan sebagai media pembelajaran yang menarik untuk pembelajaran di SD, yaitu Instagram. Sehingga mengingat popularitas Instagram memiliki fitur menarik yang membedakannya dari platform lain, dan penelitian yang masih ada masih terbatas, membuat peneliti tertarik menganalisis lebih dalam terkait bagaimana instagram menjadi media pembelajaran di SD. Sehingga jenis penelitian ini yaitu menggunakan studi literature. Adapun hasil yang didapatkan yaitu terdapat beberapa hal positif yang perlu dipertimbangkan untuk menjadikan instagram sebagai media pembelajaran di Sekolah Dasar yaitu; pembelajaran menjadi interaktif, meningkatkan keterampilan bahasa, kecerdasan emosional ditingkatkan, berbagi informasi, meningkatkan pembelajaran berbasis proyek dan berbasis masalah, dan kemampuan interpersonal. Oleh karena itu, studi ini memberikan kontribusi di lapangan dengan menjelaskan berbagai pertimbangan penggunaan Instagram yang menyarankan penggunaan instagram sebagai media dimasa depan dan menjadi peluang untuk peneliti selanjutnya melakukan penelitian yang lebih mendalam terkait Instagram di setiap mata pelajaran.
Downloads
References
Abdulaziz Al Fadda, H. (2020). Determining How Social Media Affects Learning English: An Investigation of Mobile Applications Instagram and Snap Chat in TESOL Classroom. SSRN Electronic Journal, 11(March), 3–11. https://doi.org/10.2139/ssrn.3581296
Al-Momani, H., & Al-Oweidi, A. (2020). The psychometric characteristics of the Renzulli scale of behavioral characteristics (3rd edition) in the detection of gifted students in jordan. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 8(1), 105–132. https://doi.org/10.17478/jegys.626513
Aushof. (2019). Dampak Media Sosial Instagram Terhadap Perilaku Siswa. Seminar Pendidikan Nasional, 1(1), 201–213. http://conference.upgris.ac.id/index.php/sendika/article/view/374
Carpenter, J. P., Morrison, S. A., Craft, M., & Lee, M. (2020). How and why are educators using Instagram? Teaching and Teacher Education, 96(1), 1–13. https://doi.org/10.1016/j.tate.2020.103149
Khasana, V. A., Setiyawan, H., & Desiningrum, N. (2020). Pengaruh Aplikasi Instagram Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Mata Pelajaran Matematika Materi Volume Bangun Ruang Di SDN Bakung Temenggungan Balongbendo Sidoarjo. Child Education Journal, 2(2), 83–91. https://doi.org/10.33086/cej.v2i2.1590
Mahmudah, R., & Ardi, H. (2020). The Use of Instagram Platform Toward Junior High School Students’ Speaking Ability. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 411(1), 364–369. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200306.061
Menon, D. (2022). Factors influencing Instagram Reels usage behaviours: An examination of motives, contextual age and narcissism. Telematics and Informatics Reports, 5(March), 100007. https://doi.org/10.1016/j.teler.2022.100007
Ozturk, M. U., & Ozturk, M. S. (2022). The Analysis of Fine Arts Students’ Social Media Awareness Levels Related to Appearance. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology, 10(3), 722–739. https://doi.org/10.46328/ijemst.2559
Pujiati, H., Zahra, & Tamela, E. (2019). The Use of Instagram to Increase Students’ Motivation and Students’ Competence in Learning English. 1st International Conference on Education, Social Sciences and Humanities (ICESSHum 2019), January 2019, 2–7. https://doi.org/10.2991/icesshum-19.2019.103
Richter, E., Carpenter, J. P., Meyer, A., & Richter, D. (2022). Instagram as a platform for teacher collaboration and digital social support. Computers and Education, 190(February). https://doi.org/10.1016/j.compedu.2022.104624
Stojanović, D., Bogdanović, Z., Despotović-Zrakić, M., Naumović, T., & Radenković, M. (2019). An approach to using Instagram in secondary education. An Approach to Using Instagram in Secondary Education, 247–253.
Ulyawati, U., & Sugito, S. (2022). Digitization of Elementary School Science Learning In The Industrial Era 4.0. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(2), 2049–2064. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i2.746
Vespa, M., Schweizer-Ries, P., Hildebrand, J., & Kortsch, T. (2022). Getting emotional or cognitive on social media? Analyzing renewable energy technologies in Instagram posts. Energy Research and Social Science, 88(April), 102631. https://doi.org/10.1016/j.erss.2022.102631